• Uncategorized
  • 0

Install 2 CMS dengan 1 database

Saya akan mencoba memberikan cara untuk menginstall 2 buah CMS dalam 1 database. Tulisan ini tercipta berkat keterbatasan database di hosting saya. Hosting saya cuma ada 1 database sehingga tidak bisa menginstall dengan fantastisco autoinstaller. Saya mencoba menginstall wordpress dengan CMS zencart dalam 1 database mysql. Sebenarnya ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu dengan:

1. Menggunakan database mysql yang sudah ada

2. Menggunakan Server host mysql lain.

Menginstall dalam satu database mysql

Sebenernya cukup mudah untuk menginstall dalam 1 database yang diperlukan adalah table prefix saat installasi. Table prefix adalah imbuhan awal untuk setiap table yang ada dalam database. Dengan cara ini table yang sudah ada tidak akan ter-overwrite apabila namanya sama. Nama prefix bisa disesuaikan sesuai keinginan anda. Contoh prefix adalah WP_ jadi semua tabel database akan menggunakan WP_

Menggunakan Server host mysql lain

Apabila anda memiliki server mysql tinggal arahakan host,username,password dan nama database ke server tersebut. Permasalahannya di server mysql harus ada remote mysql dan IP dari hosting kita mendapat akses untuk mengakses database ke server tersebut. Saya sudah mencoba cara ini namun belum menemukan server mysql gratis yang memiliki remote mysql. Keuntungan cara ini adalah bisa menghemat dan mempermudah perubahan database. Namun kelemahannya jika server mysql down website jadi tidak bisa diakses.

Semoga tulisan saya memberikan pencerahan bagi anda yang memiliki jatah mysql database terbatas dari hosting anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *