• Uncategorized
  • 0

Dual boot windows XP dan Leoprad

Berhubung banyak yang tanya soal dual boot XP dan leoprad aku coba jelaskan lewat artikel ini.

Ada 2 cara dual boot antara windows XP dengan leoprad. Perlu dipastikan dulu default boot awalnya pake windows XP atau pake leoprad. Ok langsung mulai saja dech

Dual boot dengan Leoprad sebagai default bootnya

Sebenarnya ketika selesai menginstall leoprad dual boot sudah aktif. Pastikan ketika menginstall leoprad partisi mac leoprad sudah di aktifkan jika belum masuk pake CD Bootable hiren boot lalu aktifkan pake fdisk aja.

ketik fdisk pada command prompt lalu cari menu buat set activenya. Bisa juga menggunakan partition magic namun kalau dengan partition magic setelah selesai set active partisinya, harus masuk lagi dan lakukan unhidden partisi windows XP.

Setelah partisi aktif sebenarnya ada jeda waktu beberapa detik sebelum masuk leoprad. tekan tombol sesuai perintah yang tampil klo tidak salah F8. Setelah itu akan muncul tampilan daftar partisi yang ada tinggal pilih partisi windows jika mau boot ke windows. defaultnya adalah partisi mac. kalau mau diedit masuk ke mac dulu lalu cari file appleboot.plist ganti timeout dan defaultnya dari situ

Dual boot dengan windows XP sebagai default bootnya

Cara mudah saja. yaitu copy file chain0 dalam CD Leoprad ke drive C: lalu edit file boot.ini tambah perintah

multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)Chain0=” Leoprad ” ke dalam script

[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect

nanti setelah boot ulang akan muncul menu bootloadernya dan bisa dipilih dari situ. Trik ini biasanya cuma bisa jalan kalau partisi mac ada di atas atau di bawah partisi windows. misal partisi 1 windows maka partisi 2 mac atau partisi 1 mac dan partisi 2 windows.

cara lain adalah menggunakan boot manager 3rd party. COba install EasyBCD d windows kelihatanya hanya windows vista yang bisa pake EasyBCD.

klo ada yang kurang jelas silahkan comment disini aj.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *