• Uncategorized
  • 1

Tips aman menggunakan internet banking di public internet

Mungkin suatu ketika anda perlu menggunakan internet banking di warnet, kantor atau cafe yang menyediakan wifi gratis saat ada kebutuhan mendesak seperti mengecek saldo,dll. Dalam kondisi ini ada sudah membawa token pin (pengacak pin) sehingga anda bisa bertransaksi namun kendalanya adalah seberapa aman jaringannya? kita tidak tahu bagaimana jaringan di warnet,cafe yang menyediaan akses internet gratisan. Bisa saja mereka menyadap informasi kita yang paling berbahaya adalah penggunaan keylogger. Untuk menghindari pencurian lakukan beberapa cara berikut:

1. Pastikan alamat URL yang anda ketikan adalah benar alamat internet banking dari bank anda.

2. Saat login gunakan virtual keyboard, ini semacam keyboard yang tampil di layar lalu kita inputkan dengan mengklik mouse. Secara default applikasi ini sudah ada di windows dengan nama ON-SCREEN KEYBOARD. Anda juga dapat menggunakan applikasi virtual keyboard tambahan bila diperlukan.

Dengan menggunakan keyboard virtual ini maka data USER dan PASSWORD anda akan aman dari keylogger. Rekaman dalam keyboard tidak dapat disadap lewat keylogger karena inputan dilakukan via virtual keyboard. Semoga tips sederhana ini dapat membantu anda terhindar dari aksi keylogger

You may also like...

1 Response

  1. Isparmo says:

    Usul mas Benediktus,

    Di postingkan juga alternatif cara mendapatkan Virtual Keyboard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *