• Uncategorized
  • 2

AMD Phenom II X2 550BE is A “magic processor “

Keluarnya prosesor AMD Phenom II X2 550BE benar-benar mengemparkan dunia processor. Kehadiran prosesor ini mampu menggeser Phenom II X3 720 BE. Salah satu faktornya adalah kemampuanya dalam unlocking. Ya unlocking prosesor menjadi fenoma prosesor AMD Phenom, Sejak keluarnya native quad core memungkin sebuah prosesor memiliki core yang independen. Maksud independen disini adalah core berdiri sendiri-sendiri dalam artian core di pasang 1-1 di prosesor. Hal ini lain dengan prosesor core 2 quad dimana merupakan gabungan core 2 duo. Core 2 quad menggabungkan 2 buat prosesor core 2 duo sehingga memiliki 4 core. Tetapi 4 core dalam core 2 quad bukanlah native 4 core melainkan native 2 core. 1 corenya memiliki 2 core sehingga menjadi 2 core.

Lalu apa kelebihan dari native quadcore???salah satu kelebihannya adalah core mampu di overclock sendiri-sendiri. Misal core 1 dijalankan pada clock 3100mhz sedangkan core 2 dan 3 pada 2000mhz dan core 4 pada 800mhz. Selain itu antar core bisa terjadi sharing misal core 1 dengan core 4, core 2 dengan core 3,dan sebaliknya. Hal ini tidak terjadi pada prosesor quad core intel, core 2 quad. Core 1 hanya dapat sharing dengan core 2 dan core 3 hanya dapat sharing dengan core 4 tidak dapat silang core 1 dengan core 4. Dari prinsip kerja yang demikian dapat dilihat bahwa kinerja dari native quad core jelas lebih baik. Prosesor Phenom I adalah cikal bakal dari prosesor pertama yang menerapkan teknologi native multicore tetapi implementasi yang dilakukan AMD nampaknya mengalami kegagalan sehingga phenom I kalah telak dengan core 2 quad.

Hadirnya phenom II ini benar-benar mengembalikan kejayaan AMD dimana perfomanya mengalami peningkatan dan hasil overclock yang luar biasa. Memang secara perfoma real AMD Phenom II tidak mampua mengalah Intel Core i7 tetapi dalam hal game dan price perfoma AMD unggul mutlak oleh intel.

Kembali soal AMD Phenom II X2 550BE, amd sepertinya memberikan kejutan pada prosesor ini. Telah disinggung diatas bahwa prosesor native multicore dapat di custom per corenya. Inilah yang dilakukan AMD, dalam proses produksinya prosesor X4,X3,X2,X1 bisa saja dibuat dalam 1 cetakan. Dimana ketika proses pembuatanya mengalami defect 1 core maka dijual dengan label prosesor X3, bila 2 core defect dijual menjadi X2. Disini AMD memulai keajaiban itu beberapa prosesor phenom II X2 550BE memiliki 4 core sempurna (non defect) tetapi 2 core tambahan itu disembunyikan dan secara default hanya 2 core yang berjalan. Hebatnya lagi motherboard SB750 seperti mobo berchipset AMD 790 memiliki fitur ACC (Advance Clock Calibrator) fitur ini memaksa bios melakukan calibrasi pada prosesor hasilnya ketika fitur ini diaktifkan prosesor dapat dikenali sebagai prosesor X4. Sangat simple sekali proses unlocking yang dilakukan. Namun tidak semua prosesor dapat dilakukan unlock bisa 1-3 core ada yang defect proses ini tidak dapat dilakukan kalaupun bisa prosesor menjadi tidak stabil.

Belakangan prosesor keluaran baru sudah tidak ada yang unlock dan AMD memblokir fitur ACC dengan meminta semua produsen motherboard memblokir fitur tersebut. Namun jangan khawatir banyak BIOS Mod bertebaran yang tentunya tidak membloking fitur ACC ini dan kalau tidak ada BIOS mod dapat menggunakan BIOS versi sebelumnya.

Tip dan Trik Unlocking prosesor AMD

Beberapa prosesor yang dapat di unlock adalah AMD Phenom II X3 720BE dan phenom II X2 550BE. Presentasi keberhasilanya cukup tinggi. Untuk melakukanya anda harus memilih prosesor dengan batch kode produksi tertentu.

1.Batch yang sama dengan prosesor yang sudah berhasil terunlock diyakini memiliki kesamaan sebab batch adalah kode produksi jadi prosesor yang memiliki batch sama berarti diproduksi secara bersamaan dalam 1 cetakan yang sama sehingga kemungkinan memiliki potensi unlock sangat besar.

2. Motherboard dengan chipset AMD 790 atau yang menggunakan SB750 sebab di mobo tersebut terdapat fitur ACC yang digunakan untuk mengunlock prosesor

3. BIOS Modification atau BIOS lama. Hal ini digunakan agar BIOS tidak terblokir fitur ACC sebab bila anda membeli mobo baru maka fitur ACC akan diblock

4. Gunakan pendingin tambahan sebab ketika berhasil unlock maka TDP Prosesor akan bertambah dan ini mengakibatkan suhunya juga ikut bertambah seiring bertambahnya core dan TDP

Testing prosesor unlock

Prosesor yang sudah berhasil di unlock perlu dilakukan test apakah core tambahanya sempurna atau defect. Pengujian standartnya adalah menggunakan software uji Cinebench dan 3dmark. Apabali gambar yang dihasilkan saat test bintik-bintik maka dapat dipastikan core tambahan tersebut adalah defect atau tidak sempurna dan anda kurang beruntung mendapatkan prosesor ini.

Test selanjutnya adalah kestabilan dapat menggunakan software prime95 atau OCCT serta test kestabilan penggunaan sehari-hari apabila tidak ada masalah selamat anda beruntung memiliki prosesor 4 core dengan harga 2 core.

You may also like...

2 Responses

  1. diktus says:

    BIOS pakai yang apa??coba download BIOS 790GX A3+ yang ini
    http://www.lejabeach.com/Biostar/TA790GXA3+/78DAA827.rar

  2. Gunadi says:

    Bro,
    Saya mau nanya nih mengenai unlock AMD.
    Saya punya AMD Phenom II X2 550BE unlock X4 B50E
    Biostar TA790GX A3+
    PSW Simbada 500watt lifetime
    Memory Vgen 2x2Gb
    VGA DA 9400GT 1Gb DDR2

    Udah bisa unlock jadi 4 core, tapi kadang kalau restart suka blank (power nyala, di reset juga gak mau). Pernah sekali lagi main game C&C 3 Kane tiba-tiba blank juga, kira2 kenapa ya? apa power supply nya kurang?

    Thanks sebelumnya Bro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitnami