• Uncategorized
  • 0

Benchmarking WDC 1TB Black Series

Setelah selesai installasi saatnya untuk melakukan benchmarking. Pada benchmark kali ini sistem yang dipakai adalah sebagai berikut:

AMD Phenom II X4 B50 3100mhz

Biostar 790GX A3+

Adata 2x2GB PC1333 @ 16000

PSU Acbell E2 470

Windows 7 RTM 64bit build 7600.16385

Software yang akan digunakan adalah

1. HD Tach 3.0.1

2. HD Tune 3.50

3. Crystal Mark

4. PC mark 2005

Sebelum melihat hasilnya berikut ini informasi hardisk WDC 1TB Black series

hdd_info

1. Pengujian menggunakan software Uji HD Tach

IDE MODE

hd_tach_ide

AHCI MODE

SS_HD Tach_AHCI

Terlihat bahwa saat menggunakan AHCI Mode perfoma HDD WDC 1TB Black series menunjukkan perfoma terbaiknya yaitu pada kisaran 222MB/s dan average readnya mencapai 92,4MB/s

2. Pengujian menggunakan software uji HD Tune 3.50

IDE MODE

ht_tune_read_ide

AHCI Mode

hd_tune_read_AHCI

Disini terlihat perfoma IDE lebih unggul tetapi bila dilihat dari suhu operasionalnya pada saat pengujian menggunakan IDE Mode suhu berada pada 43c sedangkan saat pengujian menggunakna AHCI Mode suhunya berkisar 45c hal ini menunjukkan pada suhu 45c Hardisk kurang mampu mempertahan kemampuan readnya sehingga bisa jeblok hingga 0.8mb/s. Pada review selanjutnya saya akan mencoba membandingkan kemampuan hardisk pada suhu tanpa kipas dan menggunakan kipas.

3. Pengujian menggunakna software uji crytal mark

100MB

crytaldisk_100mb_ide

500MB

crytaldisk_500mb_ide

1000MB

crytaldisk_1000mb_ide

Pengujian diatas menggunakan IDE MODE untuk AHCI MODE belum bisa dilakukan karena keterbatasn waktu saya. Dari hasil di atas terlihat pada ukuran besar penurunan perfomanya tidak terlalu terasa. Ukuran yang semakin besar membuat kecepatan akses semakin menurun tetapi pada hardisk WDC 1TB Black series ini penurunan yang terjadi tidaklah signifikan.

4. PC Mark 2005

AHCI MODE

pcmark_AHCI

Pengujian pada IDE MODE tidak sempat terambil Screen shotnya tetapi hasilnya bekisar pada 6100 point jadi perbedaanya sekitar 200an point.

Real Copying

Setelah melakukan test menggunakan software uji saat melihat kemampuan dalam kerja sehari-hari. Kali ini saya melakukan copy file berukuran 32,9GB dari hardisk lama saya WDC 320GB 16MB Blue series. Hasil cukup mengagumkan average copynya 95,1MB/s dalam waktu sekitar 5 menitan semua file dapat tercopy. Proses copy tanpa menggunakan software tambahan

copy

Kesimpulan

WDC Memiliki kinerja yang cukup bagus dalam proses read. Average readnya bekisar pada 80 – 90 MB/s tetapi suhu yang dihasilnya nampaknya cukup tinggi 45c dan menggangu dalam kinerjanya sehingga perlu pendingin tambahan agar kerjanya dapat optimal. Penggunanaan AHCI secara keseluruhan menaikian kinerja hardisk ini karena sudah mendukung teknologi NCQ-nya.

Mohon maaf bila masih banyak kekurangan dalam menampilan SS pada pengujian dikarenan waktu yang kurang kedepanya akan di lakukan perbaikan pada review ini untuk ditambah data-data yang kurang.

Next saya akan membandingkan kinerja pada suhu non fan dan suhu saat hardisk diberikan pendingin tambahan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitnami