• Uncategorized
  • 0

Ganged vs Unganged Memory

AMD K10 memiliki teknologi yang berbeda dengan AMD sebelumnya. Salah satunya adalah dalam hal memory controller dimana pada AMD K10 dikenal istilah ganged dan ungaged. AMD k10 memiliki karateristik memory bandwith yang tidak setinggi dengan AMD K8 namun terdapat peningkatan pada cache memory. Entah kenapa memory bandwith di K10 lebih rendah ada beberapa informasi yang menyebutkan kalau AMD sengaja membuatnya lebih rendah agar mudah di overclock, seperti yang sudah kita ketahui bahwa sejak jaman AMD K8 Memory contoller sudah berada di prosesor sehingga semakin rendah latency memory controller tentunya membuat prosesor terbebani untuk berjalan lebih tinggi.

Kembali ke soal ganged dan unganged, ini adalah teknologi baru AMD dimana sistem dual channelnya terpisah 64bitx2 sebelumnya adalah 128bit. apa yang membedakan kedua adalah pada sistem ganged maka lebar jalur data yang digunakan adalah 128bit berasal dari lebar jalur data memory 1 digabung Lebar jalur data memory 2 sehingga lebar jalurnya mejadi lebih besar. sedangakn unganged tidak menggabung jalur tetapi berdiri sendiri-sendiri. Bila digambarkan seperti ini kira-kira:

Manakah yang lebih baik??
Penggunaan komputer sekarang mengarah pada trend multitasking dimana banyak perkerjaan diselesaikan sekaligus. Mengau pada kenyatan tersebut menurut saya setting memory yang bagus adalah pada mode unganged. Karena dengan memisahkan jalur memory dan memory berdiri sendiri-sendiri maka akan lebih efisien dalam penggunaanya.

Sebagai contoh komputer menjalankan 3 proses secara bersaaman. proses 1 membutuh data di memory 20mb dan proses 2 membutuhkan data 10mb dan proses 3 membutuhkan data 100 mb di memory. Dengan unganged mode maka data tersimpan pada 2 tempat berbeda (keping 1 dan keping 2). proses 1 mengambil data dari memory 1 sebesar 20mb dan tanpa harus menunggu proses 2 data sebesar 20mb dapat langsung di transfer dan semakin kecil datanya tentunya akan semakin cepat sehingga proses 1 dapat berjalan lebih cepat dibandingkan menggunakan mode ganged. Bila menggunakna mode ganged maka 2 jalur memory digabung menjadi 1 sehingga data yang ditransfer menjadi sebesar 130MB untuk 3 proses tersebut akibatnya proses 1 dan 2 yang hanya membutuhakn data yang kecil proses menjadi lebih lama karena harus menunggu data yang 100mb ditransfer.

sehingga mode unganged lebih cocok digunakan untuk penggunaan multitasking sedangkan untuk pekerjaan yang cenderung singel tasking dan membutuhkan transfer data dari memory dalam ukuran besar mode ganged akan lebih cocok. Sebab data yang besar akan lebih cepat ditransfer bila lebar jalurnya digabung

walaupun demikian tidak ada beda yang signifikan dalam penggunaan mode dual channel ganged maupun unganged. jadi sesuaikan dengan kebutuhan anda yang pasti mode ganged akan lebih sulit mencapai kestabilan dibanding ungagend

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitnami