• Uncategorized
  • 1

Melihat cara kerja internet banking

Dulu pernah bermasalah dengan yang namanya token pin sampai bolak-balik 3 kali ke bank hasilnya nihil code dari token g match sama applikasi internet banking. di situ aku dah curiga kalau tokenya error tapi CSnya tetep aja ngeyel. Pihak IT bilang dah dikonekin antara account sama tokenya dari situ udah jelas kalau tokenya error alias rumus generatornya g sama ama rumus generator di websitenya. Dari kejadian itu aku coba analisis cara kerjanya kalau bisa dideskripsikan caranya kerjanya kurang lebih kayak gini.

1. Akun bank link ke database internet banking terus dari situ dibuatin namanya user name dan passowrd yang dilink ke account bank. Misalnya:

akun bank number: 123456 dilink ke username : user sama passwordnya. Jadi ketika konek ke internet banking informasinya diambil dari database account banknya.

2. Setelah proses pembuatan user dan link account bank sekarang Token Pinya yang di linkan. Menurut pemikiranku setiap token punya rumus pengacakan yang berbeda-beda. Nah rumus pengacakan ini diberi sebuah kode yang ditempel di belakang Token Pin.

3. Kemudian setelah token jadi dimasukin rumus ke dalam database internet banking rumus pengacakan itu dan dilinkan dengan kode Token Pin. Untuk databasenya bisa dari database internet banking atau dari database pembuat tokenya. Jadi kalau digambarkan misal gini:

Rumus Kode Token Pin

jumlah digit/10*2 ABC-123

nah hasil dari pengacakan ini tentunya ada banyak sekali bisa jutaan, aku kurang ngerti gimana cara kerja generate key tapi gambaranya sih kayak gitu.

4. Lalu Kode Token Pin di linkan ke account bank. Misal User name admin di linkan ke kode Token Pin ABC-123

5. Jadi ketika aplikasi meminta code hasil pengacakan misal dari kode 654321 maka applikasi akan mencari rumus pengacakan pada account yang bersangkutan misal akun admin. kemudia mencari rumus pengacakanya misal jumlah digit/10*2 dan token Pin juga mengacak menggunakan rumus yang sama. Nah ketika dimasuka angkanya ke dalam applikasi akan dilakukan pencocokan hasil pengacakanya. Misal dari token keluar angka 45678 nah applikasi internet banki melakukan generate juga dan tentunya menghasilkan banyak sekali angka. dari banyak hasil angka itu lalu dicocokan pakah kode 45678 merupakan hasil perhitungan dari rumus yang sama dengan rumus aplikasi. kalau sama berarti proses dilanjutkan.

kurang lebih seperti itu prosesnya berdasarkan pemikiranku. Tapi ada hal yang aku belum ngerti apakah hasil perhitungan generatenya dimasukin ke dalam list atau dengan model ngitung keluar banyak hasil terus dicocokin. Aku pernah nyoba waktu transfer apply 1 suruh generate dari kode akun banknya terus aku catet hasilnya. Lalu yang Appl 2 juga aku catet hasilnya. Nah untuk transfer kedua kalinya aku coba masukin kode yang sama dan ternyata masih bisa jadi kode yang udah pernah dimasukin sepertinya tidak dihapus dari daftar hasil perhitungan generator, entah di tokenya apakah hasil tersebut akan muncul lagi atau tidak.

Demikian sedikit share dari aku kalau ada yang salah tolong dikoreksi kalau ada yang kurang tolong ditambahkan

You may also like...

1 Response

  1. Danz says:

    Wah..Info yg sangat bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitnami