• Uncategorized
  • 0

Memaksimalkan FSB Clock Prosesor AMD

Dalam overclocking dikenal istilan FSB ( Front Side Bus ) yang merupakan clock dari prosesor. Makin tinggi FSB maka makin tinggi Clock prosesor yang dihasilan. Dalam overclocking ada 2 hal yang bisa dilakukan untuk menaikan clock prosesor. Total Clock prosesor dihasilkan dari FSB x Multipler sebagai contoh:

Prosesor dengan clock 3200mhz dengan default FSB 200mhz maka total diperoleh dari 200×16. Dari sini kita bisa melihat bahwa untuk menaikan total clock yang diperlukan adalah menaikan FSB atau Multiper. Untuk prosesor yang Unlock multipler ke atas akan lebih mudah menaikan multipler untuk mendapatkan total clock yang lebih tinggi. Tetapi menaikan multipler membuat CPU Volt yang dibutuhkan lebih besar sehingga panas yang dihasilkan pun juga lebih tinggi.

Menaikan FSB dalam beberapa pengujian seperti Super PI memberikan hasil yang lebih baik dari pada kenaikan multipler pada total clock yang sama. Proses logikal akan lebih cepat selesai dengan FSB yang lebih tinggi.

Apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan FSB yang tinggi ?

Perlu dipahami bahwa menaikan FSB membuat clock memory juga ikut naik dan peran dalam menaikan FSB adalah pada motherboard atau chipset motherboardnya jadi kunci utama dalam menaikan FSB adalah menggunakan motherboard yang bagus.

Apa saja kriteria motherboard bagus??

Mainboard yang bagus adalah yang mampu menaikan FSB hal ini dipengaruhi oleh kualitas dari chipset dan komponen penunjangnya. Chipset pada mobo bisa sama menggunakan ATI 790GX misalnya tetapi kualitasnya berbeda. Nah bagaimana kita mengetahui kualitas sebuah chipset?? sebenarnya sangat mudah. Motherboard high end dapat dipastikan memiliki chipset yang bagus kenapa bisa demikian?? proses produksi sebuah motherboard katankan ASUS dan Gigabyte dimana terdapat banyak varian disana mulai dari high,middle sampai low end pada tipe chipset yang sama. Mengapa gigabyte membuat ini karena kualitas dari chipset yang diterima pabrik tentu berbeda. Pada mobo high class sudah ditanamkan chipset grade A sedangkan middle grade B,dsb. Namun hal ini tidak berlaku pada motherboard yang tidak memiliki banyak varian seperti BIOSTAR karena semua mobo berada pada kelas yang sama bisa dipastikan chipset yang dipakai adalah random acak untuk setiap motherboard.

Bagaimana settingan agar FSB bisa lebih tinggi???

Pada dasarnya kenaikan FSB dipengaruhi juga oleh prosesor. Untuk menghasilkan FSB yang tinggi yang perlu dilakukan adalah menurunkan clock memory menjadi 1:1 agar jalan sama dengan clock FSB. Hal ini dilakukan agar saat FSB naik memory tetap stabil karena berada pada clock dibawah standartnya. Lalu turukan NB Freq sebab saat FSB naik NB freq akan ikut naik jadi agar sistem stabil turunkan NB freqnya. Kemudian turunkan HT Link batas normalnya 2000mhz turunkan saja sampai 1:1 yaitu HT link 1X lalu turunkan multipler ke tempat yang paling rendah. Setelah semua diturunkan baru FSB dinaikan secara bertahap diimbangi dengan menaikan CPU Voltage kalau mentok coba naikan NB Voltage dan Vdimm 1 step.

Kendala yang akan dihadapai:

1. Chipset motherboard panas sehingga butuh pendingin tambahan bisa menggunakan kipas biasa

2. Prosesor akan menjadi panas paling bagus menggunakan pendingin yang extreme seperti dry ice atau LN karena mampu membuat suhu prosesor – (minus) yang artinya pada kondisi minus prosesor dapat ditarik tanpa beban sampai pada batas maksimalnya. Tetapi tetap perhatikan suhu minimumnya

3. Untuk lebih memaksimalkan FSB lagi bisa dicoba dengan menggunakan VGA PCI ( bukan PCI-E ) karena penggunaan VGA PCI akan membuat mobo lebih ringan untuk ditarik FSBnya.

4. Bila menggunakan proseso multicore akan lebih ringan bila hanya 1 core yang diaktifkan

Selamat mencoba do it with your own risk.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitnami