• Uncategorized
  • 1

Optimalisasi WordPress Pada VPS dengan Memory Kecil

Banyak orang berpendapat bahwa untuk menjalan wordpress dibutuhkan VPS dengan ram minimal 256MB. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena dengan bermodalkan VPS berkapasitas memory 64mb kita sudah dapat menjalan wordpress dengan nyaman. Kenapa tidak pakai shared hosting saja???bila anda seseorang yang instant silahkan gunakan shared hosting tetapi buat yang ingin punya server sendiri dan mengelola server sendiri Mini VPS bisa digunakan. Dengan modal $3 per bulan anda sudah dapat menyewa sebuah VPS dengan ram antara 64mb-96mb tentunya jika anda jeli untuk mencari di google.

VPS menawarkan akses root kita seperti memiliki server sendiri berbeda dengan shared hosting yang dibatas penggunaanya. Dengan VPS kita bisa explore httpd, mysql, php,dll sesuai kebutuhan kita. Bahkan untuk kebutuhan selain webhosting misalnya seperti koneksi VPN memang kendala pada kapasitas yang kecil menuntut kita untuk optimasi yang lebih baik karena 1Mb memory sangat berharga.

Optimalisasi yang dapat dilakukan

1. Pemilihan Operating System

Operating System (OS) menentukan dalam hal penggunaan resource memory. Semakin kecil kebutuhan memory OS pada server akan semakin baik. Kebanyakan server menggunakan Centos sebagai OS-nya karena centos yang dikenal kehandalanya dalam menjalan webserver. Dengan memory yang minimalis kita tidak akan menggunakan Centos karena perintah yum untuk manjeman aplikasi membutuhkan resources yang tinngi. Untuk menghemat memory kita akan menggunakan Linux Debian yang penggunaan memory lebih sedikit dibanding Centos

2. Pemilihan Aplikasi pendukung

Sebuah webserver dapat menjalankan engine wordpress apabila memiliki aplikasi seperti apache,mysql,dan php. Optimasi yang dapat dilakukan antara lain:

– Mengganti Apache dengan program yang lebih rendah konsumsi resourcesnya seperti Lighttpd dan Nginx

– Optimasi pada mysql konfigurasi standar mysql akan menyebabkan konsumsi memory mysql bertambah untuk itu perlu melakukan sedikit optimalisasi dengan membuang dan menghemat resources

– jangan install control panel karena akan memberatkan server cukup lakukan installasi website via konsol

sampai disini dulu selanjutnya akan dibahas mengenai optimalisasi mysql

You may also like...

1 Response

  1. Blog saya online hanya dengan VPS dengan RAM 50 MB. NGINX + PHP-FPM + WordPress + SQLite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *