• Uncategorized
  • 0

Panduan Memilih Smart Phone Android

Android adalah OS Smart Phone yang saat ini sedang populer. Banyak orang terutama pecinta gadget menggangap android adalah OS yang powerfull bahkan mampu menyaingi iPhone besutan Apple. Android menjadi populer karena sifatnya yang free dan open source. Sehingga semua orang bisa mengembangkan baik OS maupun applikasinya. Segala perubahan sama sekali tidak melanggar copyright hal ini 100% legal digunakan. Tentunya Hal ini disambut baik oleh para developer dan penggila gadget yang sedang memodifikasi smart phonenya. Sesuai pada tulisan saya sebelumnya tentang mengapa android? bagi yang senang memodifikasi smart phone sangat diuntungkan. alasan orang memodifikasi cukup beragam mulai dari yang gampang bosen, penasaran, ingin belajar, dll. Pada dasarnya semua orang ingin barang yang dimilikinya sempurna tak terkecuali sebuah smartphone. Barang yang sekarang ini menjadi sangat penting baik untuk kebutuhan komunikasi, office, messenger maupun gengsi. Banyak orang tidak puas setelah membeli smart phone namun kesulitan merubah atau memodifikasinya. Hal ini bisa dijembatani dengan adanya android. Namun begitu tidak serta merta kita mengeneralisasikan bahwa semua android device bisa kita modifikasi sesuai keinginan kita. Untuk itu kali ini saya akan membahas tentang memilih smart phone android.

1. Tentukan Budget

ini adalah poin utama dimana akan membeli semua smart phone. Sesuaikan range dana anda kemudian cari referensi android yang dijual pada range bugdet anda.

2. Spesifikasi

– Prosesor

Hal teknis ini sangat penting bagi sebuah smart Phone Android. Biasanya yang akan dilihat adalah kemampuan dari prosesornya. Yup prosesor menentukan kelancaran anda mengoperasikan android phone anda.

Semakin tinggi akan semakin responsif dalam menjalankan applikasi bahkan hingga multitask. Paling tidak anda memilih prosesor minimal 580-600 Mhz. Kecepatan ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian anda seperti office, messanging, email.

Namun jika anda menginginkan kemampuan lebih seperti untuk bermain game, multimedia berkonten HD dan multitask lebih baik anda memilih prosesor 800 Mhz ke atas atau dual inti prosesor.

-Layar

Dalam memilih android phone sebaiknya anda memilih yang memiliki ukuran layar minimal 3.2 inchi. Sebab keypad di android berada di layar sehingga lebih nyaman bisa layarnya besar idealnya adalah 3.5 inchi atau 4 inchi. Tetapi apabila anda sudah terbiasa mengetik dengan layar kecil tidak jadi soal untuk memilih ukurang 3.0 ke bawah

Sesitivitas layar perlu diperhatikan. Pilih yang sudah mengadopsi capacitive karena sensitifitasnya lebih baik dari pada yang resitive maupun touch screen biasa. Sensitivitas ini akan berpengaruh pada respon saat anda menyentuh icon

– Feature

untuk feature sebenarnya tidak jauh berbeda minimal sebuah android phone harus memiliki koneksi 3G/HSDPA, WIFI, GPS. Android sangat tergantung dengan koneksi internet anda akan sangat membuhkan koneksi internet untuk menikmati asyiknya main android.

3. Upgradeable

Vendor adalah aspek utama bagi anda yang ingin terus update dengan smart phone anda. Walaupun Android itu open source tetapi OS ini sama seperti smart phone lain yaitu menggunakan ROM. Setiap device memiliki spesifikasi yang berbeda dan merek komponen yang dipakai juga berbeda sehingga tidak bisa kita asal menginstall OSNya. Jadi pilihnya vendor yang rajin mengeluarkan OS terbaru Android atau cari yang memiliki komunitas yang banyak. Sebab komunitas yang banyak ini akan lebih cepat mengeluarkan OS versi baru dibanding Vendor Officialnya.

Jadi Pastikan smart phone yang anda pilih punya komunitas banyak dan pengembanganya juga banyak. Percuma bila spesifikasi tinggi tetapi tidak ada dukungan ROM yang memadai. Ketika anda menggunakan Android ada dituntun untuk improve terus menerus agar tidak ketinggalan

4. Battery

Android bisa dibilang boros battery untuk itu pilih yang memiliki kapasitas battery yang besar lebih bagus. Klo battery bawaanya kecil bisa coba alternatif battery double power.

beberapa aspek tersebut mungkin dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih ponsel android

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitnami