• Uncategorized
  • 0

Tren Perkembangan Operating Sistem Tahun 2011

Melihat arah perkembangan OS tahun ini sepertinya menjadi awal tahun perubahan yang cukup mendasar. Microsoft mulai mengembangkan windows 8 ke arah multiplatform. Dorongan microsoft ini menurut pendapat saya dipicu oleh perkembangan OS android, Apple dan Nvidia. Seperti yang sudah diketahui android saat ini menjadi OS yang sedang berkembangkan dengan pesat. Perkembangan android sudah tidak lagi hanya bermain di smart phone saja tetapi sudah bermain di ranah tablet PC.

Keberadaan Tablet PC mulai booming ketika Apple memperkenalkan iPad dengan bentuk futuristik sesuai ciri khas Apple. Melihat kondisi ini pemain pasar lokal di negri tirai bambu mulai bermunculan mengeluarkan produk android pad dengan berbekal OS Android Donut yang masih menggunakan hardware ala kadar. Vendor ternama pun tidak mau kalah. Mulai quartal terakhir hingga awal tahun ini produk tablet berbasis OS Android mulai bermunculan.

Booming tablet PC membuat banyak vendor gerah. Microsoft tidak mau ketinggalan dengan mulai menguji coba prosesor ARM yang notabene adalah prosesor smart phone dan banyak digunakan di tablet PC. Ini jelas sudah tidak sejalan dengan platform awal microsoft windows yang menggunakan OSX386. Namun tidak bisa dipungkiri microsoft memang harus masuk ke segmen ini. Diharapkan OS windows 8 yang menjadi masa depan pengganti windows 7 dan digunakan di tablet PC.

Isu lain yang berkembang mengenai multiplatform ini adalah pendekatan dari nvidia. Sejalan dengan perkembangan GPGPU Nvidia yang sejatinya adalah produsen Chip GPU mau tidak mau harus masuk ke ranah GPGPU agar tidak ketinggalan dengan kompetitornya. AMD ATI yang sudah lebih dahulu melaju santai dengan proyek fusionya. Membuat Nvidia semakin waspada dengan ancaman tersebut.

Perseteruan Nvidia dengan Intel di masa lalu membawa dampat buruk bagi Nvidia dengan tidak dikeluarkanya ijin membuat CPU x86 otomatis Nvidia tidak bisa mengembangkan proyek GPGPUnya. Nvidia tidak kehilangan akal begitu saja, nvidia lantas membuat proyek dengan ARM CPU. Nvidia menanamkan GPUnya ke dalam prosesor ARM. Sebuah berita telah mempublis bahwa windows 7 sudah mampu dijalakan dengan platform ini, good news bagi Nvidia dan microsoft juga tidak kesulitan lagi untuk memplot OS baru-nya kelak ke smarphone dan tablet PC.

Bagaimana dengan intel??? diam-diam pasar tablet PC mengiurkan intel untuk masuk ke sana. Intel sedang berusaha menanamkan CPU Atomnya ke dalam smartphone dan tablet PC. OS androidpun sudah di plot dan jalan di prosesor X86 walaupun masih perlu dikembangkan lagi tetapi setidaknya peluang intel masuk ke pasar ini cukup terbuka.

apa jadinya klo sebuah OS sudah multiplatform???Pertarungan yang sebenarnya pun dimulai. Selama ini CPU yang bermain hanya intel, AMD dan Via padahal bila kita menyimak CELL CPU yang digunakan di PS3 adalah CPU Yang sangat handal tetapi kemampuanya seperti dikebiri hanya untuk memainkan game console. Bayangkan apabila windows 8 bisa di plot ke CPU Tersebut ancaman besar bagi intel dan AMD. Apalagi proyek Nvidia dengan ARM CPU yang cukup brilian dengan membuat CPU berdaya hemat disuntikan volatge yang lebih besar. Bila dalam kondisi daya terbatas saja sudah bisa menjalakan windows 7 bagaimana klo ditambah volatgenya???

Akan menjadi pertarungan yang sangat menarik apabila tidak ada manuver di dalamnya selama ini masing-masing vendor seperti membuat kesepakatan untuk pasarnya masing-masing. Saya berharap perang multiplatform ini bisa terwujud sehingga memicu kemajuan di dunia IT lebih berkembang pesat lagi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *