Tips Memilih Operator Mobile Internet Broad Band

Lemot koneksi kayak siput itulah beberapa ungkapan para pemakai mobile internet broadband. Operator terkesan hanya mencari keuntungan tanpa memperhatikan kualitas layanana. Sayangnya hukum di indonesia kurang tegas mengatur soal hak-hak konsumen cenderung hanya memikirkan kepentingan para pebisnis. Kita sebagai konsumen tidak bisa berbuat apa-apa klo pemerintah saja tidak bisa menindak tegas para operator yang sudah sangat sering sekali memberikan servis yang buruk kepada konsumen.

Melihat fenomena tersebut kita sebagai konsumen harus pintar-pintar memilih operator yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan kita. Saya akan mencoba memberikan beberapa tips untuk memilih operator mobile broad band.

1. Coba dulu baru beli

Banyak orang bertanya apa provider internet yang bagus, kenceng, murah, dsb. Pertanyaan ini menurut saya tidak ada jawaban yang pasti sebab setiap operator memiliki kualitas yang berbeda di setiap wilayah. Mobile broad band bekerja dengan sinyal dari BTS dalam sistem kerjanya semakin jauh dari BTS koneksi akan semakin buruk +/ 3KM untuk koneksi HSDPA. Selain itu terlalu banyak pemakai kemampuan BTS juga jadi berkurang sehingga jaringan menjadi padat. Jadi sebelum anda beli pastikan anda coba dulu di tempat yang biasa anda gunakan untuk internet seperti rumah atau kantor.

Jangan pernah anda tertarik hanya karena anda mencoba di tempat yang sedang promosi karena sudah pasti jaringan di tempat tersebut sudah dioptimalkan supaya kencang dan konsumen tertarik membeli. Lalu bagaiman mencoba klo g beli dulu??? sekarang banyak yang menyediakan jasa sewa modem manfaatkan jasa ini. Tidak masalah keluar uang sedikit diawal dari pada sudah langgan tapi mengecewakan ingat uang kita g bisa kembali klo bisa prosesnya juga lama dan berbelit-belit.

2. Jangan pernah beli modem Bundling

Operator sering kali menawarkan harga paket modem+Kartu dengan harga yang lebih murah. Tujuannya jelas untuk menarik calon konsumenya. Kita sudah tahu bagaimana tipikal operator di indonesia. Jangan pernah ada percaya dengan satu operator lebih baik anda membeli modem yang support untuk semua operator. Ini memudahkan anda untuk berganti operator bila dikemudian hari terjadi masalah

3. Jangan hanya percaya pada satu operator

Bila internet adalah kebutuhan yang penting bagi anda jangan sekali-sekali anda hanya mengandalkan satu provider saja. Cari koneksi cadangan dari operator lainnya. Tidak perlu beli paket 1 bulan cukup kita beli sim cardnya lalu isi paket harian atau mingguan sehingga kita koneksi dari operator utama sudah membaik kita tidak terlalu rugi

4. Cara menentukan Operator yang baik

Pertama carilah provider yang sinyalnya bagus di daerah anda.

Kedua lakukan pengetesan dengan bantuan speedtest.net lakukan juga direct download file. Usahakan untuk mendownload file dari beberapa server.

Yang perlu diperhatikan selain sinyal adalah kecepatan harus sesuai dengan paket yang ditawarkan lalu perhatikan ping-nya. Ping penting karena menunjukan respon koneksi. Simplenya ping adalah waktu yang diperlukan saat kita memberikan perintah “Request” sampai perintah tersebut sampai ke server tujuan. Misal anda memberik perintah untuk membuka google.com berapa milisekon perintah kita sampai ke server google. Semakin pendek waktunya respon dalam loading page juga semakin besar.

5. GSM atau CDMA???

Pilihan yang

You may also like...

1 Response

  1. Tongkonanku says:

    Di tempat saya yang paling bagus adalah IM2. Jadi sy pake IM2. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *