• Uncategorized
  • 4

Menyimak Perkembangan Prosesor AMD 2011

 

Tahun ini AMD mulai memamerkan teknologi Fusion yang sudah lama digadang-gadang pabrik prosesor ini.  Rumor yang berkembang AMD kembali akan merubah segmen prosesor mereka. Tidak lagi menggunakan nama Sempron, Athlon dan phenom. Segmentasi AMD pun berubah menjadi lebih tersegmen dengan munculnya varian baru AMD Vision seri FX, A dan E.

Seri FX adalah prosesor X86_64 pengganti sempron, Atlon dan phenom yaitu platform Bulldozer dengan varian 4,6 dan 8 core. Dikemas dengan seri Black dan ultimate. Sementara seri A dan E adalah prosesor baru AMD dengan platform APU. Seri A adalah APU dengan 4 core dan seri E adalah platform terendah dari AMD APU yaitu menggunakan 2 core. Platform AMD Seri A akan dikemas dengan label AMD Vision Ultimate dan AMD Vision Premium sementara seri E dikemas dengan label AMD Vision.

Apa yang menarik  AMD di tahun ini??apalagi klo bukan prosesor dengan platform barunya APU (Accelerate Processing Unit). Platform ini menyempurnaakan platform X86 yang telah kita kenal dan digunakan selama puluhan tahun. APU merupakan gabungan dari CPU dan GPU, platform AMD APU akan menggunakan otak dari kartu grafi AMD Radeon 5000 dan 6000 series. Keuntungan dari penggunaan APU adalah efisiensi dalam menangani multi tasking. Gabungan CPU dan GPU mampu menghasilkan kinerja yang cukup signifikan dalam mengolah applikasi multitasking. Bukan hanya itu saja penggunaan APU dapat menurunkan konsumsi daya yang cukup signifikan. Dengan digabungnya CPU dan GPU maka daya yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit sebab tidak perlu lagi konsumsi untuk VGA onboard. Bila anda bertanya dimana VGAnya??? bukan lagi d motherboard tetapi ada di dalam Prosesor. Mirip seperti intel sandy bridge namun teknologi yang digunakan sudah berbeda platform dan terbukti video demo AMD APU mampu mengalah intel sandy bridge dalam urusan multitasking.

Lalu bagaimana dengan gaming??? AMD mengusung seri bulldozer untuk para maniak gamer. Bulldozer sejati adalah prosesor dengan platform X86-64 sama dengan prosesor AMD Phenom sebelumnya namun dengan teknologi dan arsitektur yang lebih baru.

Maka jelas sudah segmen AMD sekarang. Bagi anda gamer silahkan gunakan AMD Bulldozer untuk menemani VGA anda bermain game. Buat anda yang lebih sering kerja multitasking seperti office, nonton HD Movie, sambil render Audio/Video nampaknya AMD APU cocok untuk anda. Tinggal sesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Pekerjaan akan menjadi lebih efisien karena lebih cepat dikerjakaan dan konsumsi listrik pun tidak boros. Menariknya lagi Anda tidak perlu pusing menentukan kombinasi CPU,GPU dan Mainboard karena AMD sudah mengemasnya dalam satu paket penjualan CPU, GPU dan Motherboard sudah terintegrasi menjadi satu. Cukup beli memory, hardisk, dan PSU anda sudah mendapatkan sebuah komputer yang powerfull dan hemat daya.

You may also like...

4 Responses

  1. diktus says:

    Kayaknya sekarang sudah g perlu khawatir soal panas. Baik AMD maupun intel bisa dibilang panas semua untuk seri high-endnya tapi untuk pemakaian normal dan jangka panjang lama g ada masalah kok. Mereka sudah mendesain prosesor untuk tahan pada suhu maksimal tertentu jadi sekarang ini g perlu khawatir masalah panas akan merusak prosesor.

    Ini ngomongin laptop atau prosesor???kok ada battery segala. Bulldozer itu untuk desktop bukan laptop, kalau laptop sekarang pakainya Zacate (netbook) dan Llano. Keduanya bisa dbilang hemat daya

  2. AMD yang seri bulldoser apakah gk cepet panas om?
    sama konsumsi baterainya bagaimana?

  3. diktus says:

    VGA Add-on kayaknya bisa jadi nanti GPUnya ada 2 dan yang add-on mendukung kerja GPU on die prosesornya. Klo masalah upgrade kayaknya memang belum memungkinkan sebab nanti Prosesornya ditanam didalam board kayak GPU VGA.

    AMD Sendiri tidak menrekomendasikan platfirm APU untuk digunakan gamer, makanya AMD tetap memproduksi prosesor konvensional (X86/64) dengan mana bulldozer. Yang soketnya sama kayak AMD AM3 bisa diupgrade dan mendukung VGA Add-on

  4. adeary says:

    berarti g pake vga addon lg ya om, & g bisa upgrade donk.." kan sdh paketan ya om ?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *