• Uncategorized
  • 2

Pakai blackberry pintar atau boros???

lanjutan tulisan saya sebelunya kali ini saya mau membahas mengenai fenomena penggunaan blackberry. Semua murni pendapat saya dan tiap orang punya pandangan berbeda.

Saya sempat menggunakan blackberry dan saya tidak nyaman akhirnya saya matikan BB tersebut, saat itu saya juga menggunakan android. Berikut alasan saya tidak nyaman menggunakan blackberry

1. Biaya paketnya full BIS mahal dan tidak bisa dishare ke komputer. Ini jelas menyulitkan saya untuk browsing di komputer. Ada beberapa alasan browsing menggunakan komputer tetap lebih nyaman :D. Alhasil harus langganan internet unlimited juga dan berarti saya keluar 2x penggeluaran hanya untuk internet.

2. Paket Gaul dan Mail. Mungkin terkesan murah 45rb/bulan tapi bila dicermati ini tarif mahal. Kebanyakan provider mematok tarif internet unlimited dengan harga 50-100rb. Sementara paket ini hanya dapat digunakan social media dan chat atau digabung email dan chat. Seolah terkesan murah tapi coba cermati lagi.

45rb hanya bisa buka FB, twitter, chat namun apakah informasi yang kita butuhkan dari FB dan Twitter dapat diakses dari situ?? tentu saja tidak. Contoh sederhana seorang teman mengirimkan tautan website atau tautan video melaui FB atau twitter atau mungkin lewat email. Mau tidak mau kita harus membuka tautan itu untuk mengetahui informasi apa yang dikirimkan teman kita. Tapi apa yang terjadi?? kita tidak bisa browsing bila menggunakan paket gaul dan mail. Repot sekali harus nyari wifi cuman sekedar buat browsing saja.

3. Applikasinya kurang menarik beberapa ada yang berbayar. Installasinya pun cukup repot bila tidak melalui App world.

Sekarang mari kita compare bila menggunakan smartphone lain. Dalam contoh kali ini saya membandingkan dengan Android karena belum pernah pakai iPhone sehingga tidak berkomentar banyak soal IOS 😀

1. Cukup menggunakan paket internet unlimited saja kita sudah bisa melakukan semuanya browsing,chatting,streaming,liat perakiraan cuaca,skype,dll. Selain itu bisa di share dengan komputer dan bahkan bisa menjadi WIFI Router untuk perangkat lain. Tarifnya pun lebih murah mulai dari 30rb – 100rban. Disini saya bicara mobile data dalam artian bukan speed yang menjadi faktor utama tapi bagaimana kita tetap bisa konek dan memperoleh informasi. Liat berapa yang anda hemat???hampir 100rb tiap bulannya

2. Aplikasinya banyak dan gratis

3. Tampilanya lebih menarik apalahi sudah touch screen g capek mainin trackball atau trackpad yang bikin pegel heheheh. Ngetik juga g pake bunyi cetek2 lagi hahahaha

kesimpulan:

BB hanya efektif untuk BBM-an. Memang praktis dan cepat tapi bukan berarti yang lain g bisa. Banyak applikasi chat di android yang serupa dengan BBM bahkan lebih bagus dan bisa lintas platform. Sekarang bayangkan apa yang dilakuin klo BBM Pending???paling banter YM atau SMS so sama aja khan :P.

Kecuali klo g pernah pending ini saya ancungin jempol buat BBM. Tapi jelas hal itu tidak mungkin. Mengapa???koneksi BBM tetap bergantung pada provider dan jalur yang dipakai itu sama dengan pengguna internet unlimited jadi bisa dipastikan tidak mungkin tidak ada yang namanya pending apalagi lintas operator. Bisa jadi opsel yang anda pakai lancar tapi klo penerimanya pake opsel yang lemot???sama aja khan tidak nyambung alias masih pending 😛 padahal anda sudah keluar biaya mahal lho untuk itu. Apalagi buat yang ambil paket GAUL sama CHAT udah rela bayar 45rb g bisa browsing masih harus kena pending, capek dech!!!!

Coba hitung kerugian yang anda keluarkan. Saya rasa anda lebih pintar menghitungnya

Betapa anda terbelenggu oleh aturan main RIM Blackberry sampai2 anda harus mengguna perangkat dari pabrikan tersebut. Padahal menggunakan platform lain malah bisa lebih irit. Mau repot tapi bebas atau instant tapi terbelenggu???? Pilihan ada ditangan anda sendiri. Semua tinggal bagaimana anda dan teman2 anda merubah kebiasaan dan budaya dalam berkomunikasi.

You may also like...

2 Responses

  1. wobby says:

    gw bocah kls 2 smk yg biasanya browsing sana sini + ngaskus
    cukup repot kalo cuma pake paket mail chat gocap/bln…
    hehehe

    blom lg gw harus ngeluarin biaya internet unlimited buat modem…
    betul kata abang admin 😀

    bulan lalu gw juga sempet pake android, asik, seru, nge game lancar deh…

    yaa, tp tmn2 gw pada pake BB, gengsi gimana gitu..
    maklum juga tmn2 gw blom tau seberapa canggihnya android 😀

    akhir kata, pilihlah sesuai kebutuhanmu 😀

  2. Anton says:

    kesimpulannya:berarti masih mending pakai HP Android dibandingkan Blackberry ya…Trima kasih buat informasinya ya..Sangat membantu sekali..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *