• Uncategorized
  • 2

inilah alasan mengapa Android disebut “Smartphone sesungguhnya”

Mungkin anda sudah terlalu banyak mendengar kelebihan android dibanding smartphone lainya. Kebanyakan bercerita mengenai kemudahan dan banyaknya aplikasi, kemudahan memodifikasi tampilan dan sistem operasi, banyak games,dll. Kali ini saya akan membahas ponsel android berdasarkan fungsinya sebagai smartphone dalam menangani data kita. Terlepas dari spesifikasi dan feature tiap ponsel android yang berbeda namun setiap ponsel android saya rasa memiliki fitur ini secara native.

Pernahkan anda bayangkan bila HP anda hilang. Dicuri, jatuh ataupun mungkin rusak parah sampai tidak bisa digunakan lagi. Anda akan berpikir bahwa semua data anda hilang karena anda belum memiliki backup-nya. Bila anda memahami dan menggunakan dengan benar fitur HP android, maka anda tidak akan berkata demikian. Semua data anda aman tersimpan di server google. ya inilah yang disebut era cloud computing. Data anda disimpan pada sebuah database server yang dapat diakses darimana saja selama anda terhubung ke internet.

Data dalam smartphone anda bila diklasifikasikan berupa file dokumen, foto, kontak, agenda, musik dan video. Semua data itu disimpan pada server google dengan berbagai fiturnya dan semua itu dapat kita gunakan secara gratis. Bagaimana bisa begitu??? mungkin anda belum mengetahui ini adalah fitur standart yang ditawarkan google untuk pengguna android. Ponsel android dibekali dengan google apps yang mampu memenuhi kebutuhan anda.

Kelebihan Cloud Computing yang ditawarkan Google

Google Docs

File dokumen anda akan tersimpan secara otomatis apabila anda menyimpan menggunakan google doc. Dengan google doc data yang anda simpan di ponsel android akan secara otomatis disimpan di server google. Menggunakan autosync dengan sistem push tanpa ada perintah, file documen yang anda buat di smartphone anda dikirim ke server google. Bukan itu saja keunggulan google doc, anda bisa menggunakan feature google sycn di microsoft office. Dengan feature ini data yang anda buat dari PC/Laptop secara otomatis akan dikirim ke server google. Setiap anda menyimpan maka file yang ada di server google secara otomatis akan menyesuaikan. Anda dapat membuka file tersebut dari ponsel android anda dan data yang ditampilkan adalah up to date.

Sekarang masihkan anda berpikir membawa flashdisk??? bahkan tanpa laptop dan ponsel android anda tetap dapat mengakses file tersebut selama anda terhubung ke internet. Anda cukup membuka akun google anda lalu membuka google docs, file anda akan tersimpan disitu. Anda bisa mendowload maupun mengakses langsung menggunakan program word milik google docs.

Google Picasa

Google baru-baru ini menambahkan fitur autosync dengan picasa. Fitur ini bisa anda dapatkan juga bila anda menginstall google+. Picasa dibekali dengan fitur autosync dan instant upload. Dengan fitur ini file foto yang ada di ponsel anda akan terupload di album picasa secara otomatis sehingga anda bisa membuka foto tersebut walaupun anda sedang tidak menggunakan ponsel android. Cukup masuk ke web picasa dan foto anda terorganizir dengan baik disana.

Fitur instant upload memungkinkan setiap hasil foto dari camera secara langsung terupload ke picasa. namun tentunya tidak langsung dapat dilihat semua orang. Foto tersebut masuk ke album private. Bila anda ingin share foto tersebut, tinggal diganti saja ke public.

 Google Contact

Setiap kontak yang anda simpan di android akan tersimpan pula secara otomatis di server google. Berkat adanya autosync, tanpa diperintah semua perubahan terhadap data kontak anda akan tersimpan pula di server google. Android dapat pula melink kontak anda dengan kontak facebook sehingga foto yang ada di kontak tersebut sama dengan foto facebook teman anda. Bahkan ketika teman anda mengganti foto profilenya sekalipun.

Fitur tersebut dapat anda nikmati hanya dengan login menggunakan akun google anda dan mengaktifkan auto-sync di ponsel android anda. Masihkah anda kebingungan kehilangan data??? mari kita bahas lebih lanjut

Google calender

Anda dapat menyimpan semua agenda harian anda pada google calender. Data anda disimpan di server google tanpa perlu khawatir bila ponsel anda rusak.

Bagaimana bila ponsel hilang,rusak,tidak bisa dipakai lagi???

Ponsel anda boleh rusak tapi data anda tetap up to date. Anda dapat menggunakan HP android lain lalu mengkoneksikan dengan akun google anda dan mengaktifkan auto-sync. Secara otomatis data yang ada di server google akan direstore di HP android yang baru saja anda koneksikan. dalam beberapa saat semua data anda yang berupa kontak,dokumen,agenda,foto sudah bisa diakses dengan HP android anda yang baru.

Bila keadaan sangat mendesak, anda dapat mengakses menggunakan komputer tinggal masuk ke akun google anda untuk mengakses data-data anda. Lebih hebatnya lagi fitur ini dapat anda gunakan gratis dan disupport oleh layanan google yang profesional.

Compare to blackberry

Blakcberry juga bisa melakukan restore data seperti ini namun ada beberapa kelemahan dan google tetap lebih unggul. Kelemahan blackberry;

– User harus berlangganan BIS untuk bisa menggunakanya sementara android hanya butuh koneksi internet. Bisa menggunakan koneksi data GSM/CDMA maupun wifi tanpa ada batasan

– Anda harus beli blackberry baru dulu untuk merestore data anda. Pengguna android cukup mengakses menggunakan PC dengan koneksi internet. Tanpa aplikasi apapun, cukup ke website google

 

masih berpikir blackberry smartphone buat bisnis???mau fun, entertaiment dan bisnis android tetap bisa diandalkan. Itulah mengapa android disebut smartphone sesungguhnya

You may also like...

2 Responses

  1. dherwan says:

    Setuju juga, dan juga sepertinya perkembangan Android ke depannya lebih cepat

  2. qutek says:

    setuju dah…,
    :thumbup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitnami