• Uncategorized
  • 8

Salah Kaprah Penggunaan RT Quote di Twitter

Apakah anda sudah menggunakan RT Quote dengan benar??? Fenomena ini adalah benturan antara aturan baku dengan kebiasaan pengguna. Kita mengenal istilah Reply, Retweet, Mention dan ada juga RT Quote. Sebenarnya apa sih fungsinya?? Bagaimana penggunaan yang benar??? berdasar dari artikel yang saya pahami dan membaca panduan dari twitter dapat dicontohkan penggunaanya seperti berikut:

User1 menuliskan tweet:

Saya senang hari ini

Bila User2 ingin membalas maka cukup memilih tombol reply

@User1 senang kenapa sih???

ini adalah aturan baku yang dibuat oleh twitter. Namun kenyataanya yang terjadi adalah demikian:

User2 membalas dengan RT Quote

senang kenapa sih?? RT @User1: Saya senang hari ini

Apakah hal ini salah. Menurut saya pribadi sah-sah saja tidak ada yang salah dalam sosial media, berkomunikasi adalah hak setiap orang dan bebas dilakukan dengan apa saja. Tetapi tindakan ini sebenarnya melanggar privacy atau bisa diartikan menganggu orang lain dalam hal ini follower anda. Mengapa demikian???

Sebagai contoh user3 adalah follwer dari user2, user3 memfollow user2 tapi tidak kenal dan tahu siapa itu user2. Alasan orang memfollow sangat beragam, ada yang karena sehobi, real friend, mengagumi dsb. Ketika user2 membalas tweet dengan menggunakan RT Quote maka tweet it akan muncul di Time Line User2 dan semua followernya akan melihatnya di TL mereka. Masalahnya adalah apakah user3 ini suka dengan TL tersebut??? bisa saja user3 itu sangat anti dengan user2 misalnya karena user2 itu perokok maka user3 tidak menyukainya. User3 akan terganggung dengan tweet user2, ini biasanya yang disebut RT Abuser. Kenyataanya yang terjadi tidak semua pengguna twiiter menyukai TL dengan RT Qoute.

Lalu apa sih bedanya dengan Reply biasa?

Perbedaanya bila membalas dengan Reply biasa adalah tweet tersebut tidak akan tampil di TL User3. Dengan awalan tanda @ yang merujuk pada mention, jika user3 tidak memfollow user2 maka tweet tersebut tidak akan tampak pada TL user3. Jadi bila anda ingin selektif dalam artian ingin menghindari cap “RT Abuser” maka gunakan reply biasa. Hati-hati juga dalam menggunakan mention.

Ketika ada menulis mention tidak diawal kalimat maka tweet it akan terbaca oleh seluruh follower anda. Penggunaan mention tidak diawal kalimat menurut saya tidak separah RT Abuse. Kenapa saya bilang begitu, bila TL ada penuh obrolan dengan RT bisa jadi hal tersebut mengganggu follower anda sebab follower anda tidak kenal dengan user2. Tetapi mention biasanya sifatnya memanggil jadi tweet dari user yang dipanggil tidak muncul di TL User3. Menurut sebuah teori informasi yang berlebihan dan tidak berguna bisa mengganggu pskilogi manusia makanya kenapa tindakan RT Abuse ini banyak dianggap menganggu.

kalau gitu gmn kita bisa tahu tweet yg mana yang dibalas?

Bila menggunakan twiiter dengan websitenya ketika ada tulisan in reply to, kita bisa klik tweet tersebut dan dibawahnya akan muncul tweet mana yang di reply oleh user2.

Terus kenapa kok ada fitur RT Qoute?

Fungsi RT Qoute adalah menambahkan tweet yang di retweet. hah gmn tuh maksudnya? sebagai contoh seperti ini:

user1:

besok pagi ada pemadaman listrik di wilayah sleman

Kemudian user2 ingin menambahkan informasi tersebut maka penggunaanya:

user2:

Pemadamanya pukul 9 – 10 pagi RT @User1: besok pagi ada pemadaman listrik di wilayah sleman

tweet semacam ini tidak akan mengganggu karena sifatnya menambahkan informasi bukan untuk NGOBROL…

Penyebabnya apa sih?

Menurut saya awalnya adalah kebiasaan dan akhirnya menjadi membudaya. Selain itu kebanyakan pengguna twitter aktif adalah menggunakan smartphone. Aplikasi yang populer salah satuny adalah ubersocial, aplikasi itu menyediakan RT Qoute otomatis dan disertai dengan shorting tweet with URL link. Hal ini memudahkan user menggunakan dalam menggunakan RT Qoute maka jadilah kebiasaan ini lebih sering terjadi.

Susah sih buat tahu mana tweet yang di reply kalau pake ponsel?

Hmm… setahu saya karena saya juga pakai ubersocial tidak ada fitur untuk melihat tweet mana yang di reply. Entah tidak ada atau saya-nya yang gaptek :P. Fitur ini ada di twitter official, dan fitur ini di aplikasi twitter for android sudah lebih bagus lagi. Tinggal di geser saja in reply tweetnya maka kita bisa melihat urutan tweetnya seperti melihat conversation.

Saya tidak menyalahkan bila anda termasuk RT Abuse. Faktor pergaulan dan kebiasaan lah awal mula penyebabnya. Mungkin ketika anda pertama kali menggunakan twitter, teman-teman anda berlaku demikian sehingga anda meniru dan hal ini dianggap sah. Saya sendiri termasuk golongan RT Abuser :P, perilaku ini susah untuk diubah. Kita sudah menemukan keasikan tersendiri dan sudah menjadi gaya komunikasi kita di twitter.

Menurut saya tidak masalah anda sering melakukan RT Abuse selama ada control dalam diri anda untuk memilah-milah mana tweet yang sensitif dan tidak perlu menggunakan RT Abuse. Sebagian orang menganggap RT Abuser adalah menganggu namun ada juga yang sengaja. Mungkin untuk pamer pacaran di TL 😛 hahahaha

Apapun itu yang penting anda sekarang sudah tahu akan tindakan anda. Usahakan untuk lebih cermat dalam nge-tweet jangan sampai menimbulkan konflik dan masalah bagi diri anda sendiri.

You may also like...

8 Responses

  1. diktus says:

    G susah kok cuma tinggal ketik twiitnya, reply, sama retwiit. Yang aku tulis ini cuma masalah etika penggunaannya aj 🙂

  2. Erika says:

    Aq jdi mkin ga ngerti…
    Twitter itu trlalu susah y ???

  3. Hahaha ane termasuk RT abuser donk, tapi yang lain juga begitu kebanyakan jadi kebawa deh. Tinggal hilangin kebiasaan aja kalo gitu. ^_^
    follow us @dewazildjian

  4. drughi says:

    Setiap saya balas mentions tetapi balasan saya tidak tertumpuk, ini bagaimana?

  5. diktus says:

    Mengenai masalah error tersebut bisa ditanyakan langsung ke pihak twitter support. Bisa juga hal ini karena akun yg di mention diproteksi atau difilter sehingga mention perlu di approve dulu saya kurang tahu pasti lebih baik tanyakan langsung ke twitter support

  6. Suci says:

    hi,aku mau nanya kenapa ya mention aku kadang gak terbaca di dinding orng yg aku mention..biasanya itu public figur yg followernya banyak banget…tp jg prnah kq aku mention ke beberapa org yg followernya banyak dan pas aku cek itu terbaca,malah dia ngebalas mention ke aku…kenapa bisa gitu ya?

  7. wah…saya tambah g ngerti karna g punya twitter

  8. Agus Munawar says:

    Saya juga masih asal aja pakai RT quote 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *