• Uncategorized
  • 0

Setting push email di android

Sebagian orang masih mempertanyakan dukungan smartphone berbasis android untuk push email. Memang secara default semua ponsel android memiliki kemampuan push email untuk akun layanan email dari gmail. Namun tentu kita memerlukan kemampuan push email untuk email kantor. Lalu bagaimana caranya supaya email kantor bisa kita terima di ponsel android secara realtime?. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Push IMAP
Bila email kantor anda mendukung feature push IMAP anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga agar email dapat diterima secara realtime. Push IMAP atau sering juga disebut IMAP idle adalah kemampuan untuk melakukan sinkronisasi secara push atau realtime. Ketika koneksi ponsel ke server email idle dan ada email masuk maka server email akan memberi perintah ke ponsel untuk mendowloand email yang masuk. Hal ini dapat dilakukan bila server email kantor anda mendukung feature push imap. Tanyakan ke departemen IT apakah email mendukung feature ini. Bila mendukung anda dapat menggunakan aplikasi K9-Mail dan pada bagian setting fetching email aktifkan Push Imap, jangan aktifkan manual fetchnya. Bila email kantor anda hanya mendukung POP3, Push IMAP tidak bisa dilakukan. POP3 tidak mendung Push message dan hanya mendukung pull message jadi email akan di download pada interval waktu tertentu seperti yang sudah disetting misal 5-10 menit.

2. Exchange email
Aplikasi pihak ketiga atau aplikasi bawaan ponsel anda banyak yang sudah mendukung exchange mail. Bila kantor anda menggunakan server email Exchange anda bisa langsung mensetting aplikasi email di ponsel android. Bila settingan sudah benar maka email akan diterima secara realtime.

3. Menggunakan Gmail untuk push email
Saya akan menunjukkan trik supaya email anda diterima secara realtime di HP Android. Sebelumnya ada baiknya anda membuat akun Gmail untuk email kantor anda. Ok mari kita mulai langkah-langkahnya:

Fetching Inbox:
Aktifkan fordward message pada settingan email kantor ke akun Gmail yang anda buat. Dengan demikian setiap ada email masuk maka akan langsung dikirim ke akun Gmail dan diterima langsung di HP Android secara realtime

Sending Email:
Tidak lengkap rasanya bila tidak bisa langsung membalas email. Cukup merepotkan jika email harus dikirim dengan aplikasi lagi karena sama aja push email hanya sebagai penanda. Anda harus fetching lagi di aplikasi lain lalu reply. Gmail menyediakan fitur untuk mengirim email dari akun lain melalui gmail. Menu ini ada di:

setting –> Accounts –> Send Email as

klik Add Another email Address You Own. Ketika nama yang akan tampil pada email yang akan anda kirim dari gmail. Kemudian masukkan email kantor anda dan uncheck treat as alias lalu next. Pada tampilan berikutnya saya sarankan untuk mengirim dengan SMTP email kantor anda. Hal ini untuk menghindari email anda dianggap SPAM walaupun dengan SMTP google sebenarnya juga tidak masalah namun akan lebih bagus kalau email dikirim dengan SMTP kantor anda. Setting SMTP email kantor anda lalu save. Akan ada email notifikasi ke email kantor anda untuk konfirmasi apakah email tersebut benar milik ana. Ikuti langkahnya

Send default email account
Di sinilah langkah membuat akun gmail khusus untuk kantor anda diperlukan. Ada 2 opsi mengirim pesan sesuai akun email yang dituju atau menjadikan default. Maksudnya opsi pertama adalah bila ada email hasil fordward dari email kantor dan akan reply maka secara otomatis pengirimnya menggunakan email kantor anda. Sedangkan opsi kedua adalah semua email akan dikirim dengan 1 akun default. Saya menyarankan menggunakan opsi kedua dan diset ke email kantor anda. Sebab ada beberapa kelemahan dari opsi pertama. Bila email yang anda diterima merupakan email massal misal untuk semua karyawan maka opsi ini kadang tidak bisa langsung mengeset email kantor anda sebagai default sendernya. Jadi lebih baik menggunakan opsi kedua dan menggunakan akun gmail anda khusus untuk email kantor.

Mungkin agak ribet ya tapi ini berhasil saya sudah menggunakannya. Apa sih keuntungan push email menggunakan cara ini? ok akan saya jelaskan:

1. Aplikasi Gmail bawaan android memiliki tampilan yang menarik dan mudah. Untuk versi terbaru tersedia opsi auto-zoom size dan pinch to zoom jadi tampilan bisa di zoom in/out dengan mencubit layar. Tampilan gmail menggunakan standart HTML sehingga lebih kompatible dengan banyak template
2. Otomatis backup. Ya anda tidak perlu membackup email kantor anda ke hardisk atau flashdisk lagi. Semua email anda akan masuk ke server gmail.
3. Layanan gmail yang uptimenya sangat bisa diandalkan. Downtime bisa dibilang sangat jarang
4. Keamanan juga menjadi satu keuntungan. Gmail secara default menggunakan IMAP dengan Enkripsi SSL di port 995. Email yang masuk sulit untuk dibajak. Dengan adanya enkripsi email yang kita download dari server gmail akan dienkripsi sehingga tidak bisa dibajak ditengah jalan. Email POP3 rentan untuk di sniffing.

sekian artikel menggenai push email di android. Bila ada waktu luang akan saya sertakan screen shoot tampilan setting-nya. Semoga bermanfaat

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitnami