Move your contact number to the cloud

Tulisan ini sekadar share karena pengalaman seorang teman yang kehilangan contact di ponselnya. Ironisnya ponsel yang digunakan adalah smartphone dan berbasis android. Beberapa waktu yang lalu teman saya menghubungi saya, menayakan perihal mengembalikan contact number yang terhapus. Ternyata ponsel temen saya tersebut mengalami error dan harus di reset datanya. Satu kata yang terucap dari saya ‘It’s almost impossible bro’. Factory reset tidak hanya mengembalikan settingan ponsel ke settingan semua tetapi juga menghapus semua data. Restore data pada memory flash di smartphone cukup sulit, beda dengan flash disk atau memory card. Solusi yang saya tawarkan adalah restore backup dan parahnya contact yang terakhir dia simpan tidak update lagi. Teman saya harus menerima kenyatan sebagai contact hilang.

Saya cukup prihatin pada sebagian pengguna smartphone terutama android yang banyak dipasaran tidak menyimpan contactnya ke cloud. Android secara dasar sudah menyedian fitur tersebut pada account google. Yang kita lakukan cukup upload dan set default contact ke google. Semua aktivitas penambahan, edit dan hapus contact akan secara otomatis tersimpan di cloud.

Berikut saya jelaskan langkah-langkahnya

1. Asumsinya anda sudah memiliki account google atau gmail. Buka https://www.google.com/contacts/
2. Kemudian klik pada more button dan pilih import
3. Pilih file contact anda lalu upload.

Disarankan untuk upload dengan format CSV. Jika anda sudah menggunakan ponsel android anda bisa mengundung applikasi backup contact. Kemudian anda backup contact anda ke dalam format csv dan upload.

4. Setelah semua contact terupload sekarang setting contact pada ponsel android anda ke google contact.

Sekarang semua perubahan terhadap contact di ponsel anda akan tersimpan otomatis selama terhubung ke internet. Anda tidak perlu lagi bingung untuk restore contact anda ketika HP anda rusak, hilang, dicuri ataupun ganti HP baru. Cukup set lokasi contact ke google contact dan semua berjalan otomatis membackup dan merestore contact anda.

Semoga bermanfaat dan semoga pengguna smartphone tidak ada lagi yang mengalami kehilangan data contact di ponselnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *