• Uncategorized
  • 2

Panduan Membeli Barang Dari Luar Negri

Banyak sekali yang belum paham bagaimana cara membeli barang dari luar negri seperti di ebay, amazon, alliexpress.

Berbekal pengalaman saya yang cukup sering beli barang dari merchant luar seperti ebay, alliexpress saya akan share bagaimana cara membelinya.

Akan saya bagi menjadi beberapa point yaitu pembayaran, pengiriman dan additional cost.

1. Pembayaran
Ini salah satu alat yg pentiny jika kita ingin membeli barang dari merchant luar negri. Ada banyak alat yang bisa dipakai seperti kartu kredit, paypal, dsb. Yang paling banyak dipakai adalah kartu kredit dan paypal. Jika anda sudah memiliki kartu kredi tentu ini sudah tidak menjadi masalah lagi. Anda bisa membayar langsung dengan kredit card atau membuat paypal.

Lalu bagaimana bila tidak punya kredit card dan paypal? Anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga. Anda tinggal transfer ke rekening pihak ketiga dengan rupiah tanpa perlu ribet lagi. Tentunya cara ini ada tambahan fee untuk pihak ketiga tersebut.

Kita perlu melihat merchat menyediakan alat pembayaran apa saja. Jika menyediakan google wallet anda bisa memanfaat dengan cara mengisi saldo google wallet dengan pulsa. Beberapa operator di indonesia seperti indosat, telkomsel sudah menyediakan fasilitas untuk menconversi pulsa menjadi saldo google wallet.

Alat pembayaran lain yg cukup populer bisa mencoba doku wallet. Merchant seperti alliexpress menyediakan opsi pembayaran menggunakan doku wallet. Anda cukup registrasi lalu transfer ke rekening doku wallet anda untuk diconversi menjadi saldo. Selain via transfer bisa juga dengan melink-kan nomor kartu kredit seperti pada paypal.

Saya sarankan anda menggunakan alat pembayaran seperti paypal, google wallet, doku dibanding langsung input kartu kredit. Input langsung nomor kartu kredit cukup beresiko karena data2 kita bisa dicuri jika tidak dilengkapi proteksi yang aman. Paypal, dsb dilengkapi proteksi keamanan dan data yang ditrasmisikan bukan data kartu kredit lagi sehingga data2 kita aman.

2. Pengiriman
Setelah menentukan alat pembayaran sekarang giliran metode pengiriman. Merchant seperti alliexpress dan seller di ebay yg berasal dari hongkong kerap sekali menawarkan free shipment. Mereka akan mengirim paket menggunakan standart pos. Waktunya bisa sampai 1 bulan ya wajar lah namanya juga gratisan.

Selain standart bisa menggunakan DHL atau Fedex jika kita memerlukan barang dalam waktu cepat.

Nah yang perlu diperhatikan beberapa seller tidak dapat mengirimkan paket ke indonesia. Bagaimana jika urgent sekali dan barangnya memang hanya tersedia pada seller tersebut. Anda dapat memanfaatkan jasa forwarder.

Singkatnya forwarder ini menyediakan gudang sementara untuk kemudian diteruskan ke alamat anda di indonesia. Sebagai contoh anda membeli barang dari US dan tidak melayani pengiriman ke indonesia tetapi bisa dikirim ke singapore. Nah anda bisa menyewa jasa forwarder dari singapora. Cukup tuliskan alamat gudang forwarder di singapore nanti barang akan diteruskan ke indonesia. Tentunya ada fee tersendiri untuk jasa ini tergantung dr ukuran barang dan berat.

3. Additional cost
Nah ini bagian yg kebanyakan orang tidak pikirkan. Semua barang yg masuk ke indonesia akan diperiksa dulu di bea cukai. Akan dicek apakah barang tersebut kena cukai,PPN dan PPnBM atau tidak. Info yang saya tahu batas maksimal tidak kena pajak adalah 50 dollar. Tetapi jika barang masuk kategori barang mewah maka akan tetap kena PPnBM meskipun harganya dibawah 50 dollar.

Biaya yang pasti ada adalah biaya bungkus ulang. Jika anda menggunakan standart mail nanti pada saat barang diantarkan oleh tukang pos anda dibebani biaya Rp 7.000 untuk bungkus ulang. Jika menggunakan DHL, fedex biasanya sudah diperhitungan biaya bungkus ulang jadi anda tinggal bayar.

Bagi anda yang tidak mau pusing bisa menggunakan pihak ketiga baik itu hanya untuk forwarder, atau semua sampai pengurusan additional cost. Saya pribadi untuk barang2 yg murah dibawah 50 usd saya beli tanpa pihak ketiga. Namun jika barang seperti smartphone saya pakai pihak ketiga. Pengalaman saya pernah menggunakan jasa dari hargadunia.com. mereka menyediakan jasa all in untuk pembelian dr merchant amazon. Kita tinggal bayar total yg tertera saja via transfer.

Selain pihak ketiga yg bertindak sebagai pembayar, forwarder dan pengurusan admin ada cara yang cukup murah. Cara ini adalah menitip ke orang yang pergi ke luar negri. Anda bisa menggunakan jasa ini di website bistip.com. metode sederhana. Anda hanya perlu mencari orang yg mau anda titipkan untuk membeli. Misal anda mau beli iphone 6 sementara baru ada di US. Anda cukup cari orang yg mau dititipi beli iphone 6 dan akan trip ke US sesuai tanggal yg anda inginkan. Mengenai metode berbeda-beda. Ada yang anda beli online lalu dialamat ke orang tersebut misal domisilo orang yg dititipi. Bisa juga anda memberikan dulu uangnya biasanya ada yg menawaran DP untuk barang2 yg mudah dijual seperti iphone. Nanti sekembalinya orang tersebut ke indonesia barang akan dikirimkan ke alamat anda. Bistip menyediakan juga payment gateway jadi uang anda aman karena tidak langsung masuk ke orang yang dititipi.

You may also like...

2 Responses

  1. Agus suhery says:

    Terimakasih…sangat nembantu.

  2. Rico Agusandi says:

    mantabb infonya! tapi emang paling gampang belanjanya di hargadunia.com sih, udah all in tinggal bayar, duduk nyantai, barang nyampe.
    thanks infonya gan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitnami