Teknologi 4G LTE: Bukan lagi GSM dan CDMA

Akhir-akhir ini di forum dan group smartphone 4G banyak yang bertanya dan bingung kok smartfren 4G bisa dipake di HP Gsm ya? atas kebingungan tersebut saya mencoba memberikan sedikit penjelasan agar rekan-rekan sekalian bisa tercerahkan.

Belum lama ini provider CDMA smartfren menluncurkan teknologi 4G mereka. Kemudian muncullah banyak penggunaa HP 4g seperti ASUS Zenfone 2 yang menunjukkan mereka bisa menggunakan kartu smartfren 4g di smartphone mereka. Banyak yang bertanya kok bisa itu khan HP GSM bukan CDMA. 
Sebelum saya akan jelaskan bahwa LTE itu adalah teknologi yang berdiri sendiri bukan hasil pengembangan dari teknologi GSM maupun teknologi CDMA. LTE adalah teknologi yang dikhususkan untuk koneksi data internet mobile broadband. Di sini jelas bahwa LTE itu basis teknologinya adalah koneksi data internet. 
Koneksi data internet di teknologi GSM dikembangkan dengan teknologi 3G kemudian menjadi HSDPA dan sekarang HSDPA+. Sedangkan untuk teknologi CDMA dikembangkan dengan teknologi EVDO Rev A kemudian EVDO Rev B. Lalu GSM dan CDMA sekarang menggunakan teknologi LTE. Teknologi LTE sendiri adalah teknologi universal yang tidak berangkat dari GSM maupun CDMA namun teknologi ini bisa dipasangkan di module GSM dan CDMA.
Sebuah perangkat smarphone bisa terkoneksi ke LTE jika dilengkapi modul LTE. Modul inilah yang digunakan untuk berkomunikasi dengan teknologi LTE. Module LTE sendiri bekerja dengan frekuensi yang berbeda-beda. Gampangnya jika frekuensinya g sama dengan Frekuensi Operator maka ya tidak bisa nyambung. Sama juga dengan GSM dan CDMA harus ada modulnya dan frekuensinya cocok. 
Seharusnya di sini sudah terjawab kenapa kok HP GSM dalam contoh ini ASUS zenfone 2 bisa terkoneksi ke jaringa smartfren 4G. Tentu jawabanya karena Zenfone 2 menggunakan modul LTE yang frekuensinya sama dengan smartfren 4G. Jadi bukan lagi masalah GSM dan CDMA kalau kita melihat konteks dari LTE. Tapi kalau kemudian user bilang kok saya nggak bisa telp sama SMS pake smartfren 4g di Zenfone 2. Ini seharusnya juga sudah terjawab dari penjelasan mengenai module. Asus Zenfone 2 tidak memiliki module CDMA, seperti penjelasan saya sebelumnya bahwa LTE hanya untuk data bukan telp dan sms. Sementara Asus zenfone 2 hanya terkoneksi ke smarfren dengan LTE saja jadi jelas kenapa tidak bisa telp dan sms di ASUS Zenfone 2 karena HP tersebut tidak memiliki module CDMA untuk bisa telp dan sms di jaringan CDMA.
Lalu ada yang bertanya kok kalau pake telkomsel bisa ya telp dan sms padahal konek 4G. Pada saat telp sebenarnya HP terkoneksi ke jaringan 3g atau 2g tidak dijaringan 4G. Silahkan perhatikan jaringan pada saat anda melakukan telp maka yang muncul adalah HSDPA, 3G atau bisa jadi 2G. Ini yang namanya teknologi switching jaringan secara otomatis. 
Asus zenfone 2 memiliki module GSM baik itu 2g, 3g dan HSDPA jadi wajar saja jika bisa telp dan sms di jaringan Telkomsel yang merupakan operator GSM. Pada saat melakukan panggilan atau ada telp masuk secara otomatis BTS operator akan memberikan signal untuk swicthing jaringan ke GSM sehingga bisa melakukan panggilan. Hal ini menjawab mengapa pada pengaturan jaringan secara default itu tidak ada pilihan 4G only tetapi 2G/3G/4G karena jika jaringan di set manual ke 4G only maka HP anda tidak bisa digunakan untuk telp dan sms.
Balik ke smartfren lagi, dari penjelasan saya sudah jelas agar anda bisa telp dan sms di jaringan smartfren maka smartphone yang anda gunakan harus terdapat modul CDMA agar bisa swicthing otomatis. Setahu saya saat ini baru smartphone andromax yang memiliki module CDMA dan 4G LTE.

Kemudian ada yang bertanya, Smartfren khan pakai RUIM card bukan SIM card seperti yang ada di GSM kok bisa kartunya dipake di HP GSM. Sim card adalah sarana untuk otentifikasi ke jaringan. Gampang semacam kunci yang memuat identitas (no HP) dan settingan agar dapat masuk ke jaringan operator. Dengan simcard maka pengguna telkomsel tidak bisa masuk ke jaringan XL karena kuncinya beda. Analogi sederhananya seperti itu.

Tentunya untuk bisa masuk ke jaringan LTE simcard perlu diisi dengan setting parameter. Nah parameter ini disimpan di sim card. Akibatnya kapasitas simcard menjadi bertambah karena harus menyimpan setting dari GSM, 2G, 3G, HSDPA, LTE atau CDMA, EVDO A, EVDO B, LTE. Terkait hal ini perkembangan teknologi simcard tidak bisa lagi menggunakan Ruim card atau sim card gsm biasa. Sudah menggunakan USIM atau universal simcard yang kapasitasnya lebih besar 128kb agar mampu menampung data setting parameter berbagai teknologi jaringan dalam 1 kartu.

Kembali lagi ke perangkatnya. Sebuah smartphone 4G tentunya mendukung USIM karena dengan adanya slot USIM ini sudah bisa mengcover kebutuhan untuk sim card maupun ruim card. Jadi jelas mengapa kartu smartfren 4G bisa digunakan di ASUS Zenfone 2.

Inilah yang membedakan HP GSM dan HP CDMA yang support teknologi 4G LTE yaitu kemampuan swicthing untuk melakukan panggilan dan sms. Karena fitur tersebut (telp dna sms) saat ini baru ada di GSM maupun CDMA. Hal inilah yang saat ini membedakan penggunakan smartphone GSM dan CDMA yang memiliki support 4G LTE.
Ke depan seperti pada artikel yang saya tulis sebelumnya operator akan mengembangkan teknologi VoLTE, panggilan suara akan menggunakan koneksi internet dan seamless tanpa harus install aplikasi tambahan. Pengguna tidak akan tahu bahwa dia melakukan panggilan di jaringan LTE. Dengan teknologi ini nantinya smartphone tidak lagi GSM dan CDMA tetapi 4G LTE. Tidak perlu lagi swicthing ke GSM dan CDMA ketika melakukan panggilan dan SMS.
Semoga tulisan saya ini dapat memberi pencerahan terkait fenomena teknologi 4G LTE yang saat ini sedang tren. 

You may also like...

48 Responses

  1. Penjelasan gw sih singkat aja
    Mesin CDMA itu beda sama mesin GSM dan LTE secara hardware. Perbedaan nya sangat fundamental. Kartu Smartfren pake teknologi hybrid, jadi untuk telpon dan sms pake cdma, tapi kalo 4G lte pake mesin Lte di GSM. Itulah kenapa bisa berfungsi di hp GSM

  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  3. apakah bisa internetan dengan sim card 4g di hp smartfren 4g di slot 1?

  4. HP Smartfren 4G lock freqnya hanya untuk smartfren saja. kalau tidak dilock selain smartfren hanya bisa digunakan dengan bolt yang freqkuensinya sama dengan smartfren

  5. madroid says:

    Kartu smartfren 4G bisa kok di pake asus selfie. Saya sdh membuktikan sendiri

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Smartfren 4G itu menggunakan TDD 2300 dan FDD 850. Tergantung HPnya support frekuensi LTE berapa. Kalau support salah satu dari frekuensi itu ya bisa dipakai. Smartfren sendiri sudah pakai USIM (Universal SIM) bukan pake RUIM lain jadi bisa dipake selama devicenya support LTE di frekuensi 850 dan 2300mhz

  6. wawan says:

    saya kan udah pakai smartfren modem ce682 nah saya dapat sms di sarankan untuk menukar kartu & hp ke 4G,nah yg skrg saya mau tanya kan apakah saya hrs menukar nya semua? atau hy kartunya aja atau gak usah tukar sama sekali? tetapi saya dpt sms kt nya mulai tgl 14 dec ini jaringan cdma sudah tidak ada,bgm ini? tolong penjelasannya.Thanx

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Kalau HP masih CDMA mau nggak mau ya harus ditukar kartu dan HP-nya karena tidak smartfren memang akan mematikan jaringan CDMAnya. Jadi HP sama sekali nggak akan bisa digunakan karena sudah nggak ada sinyal CDMA dari smartfren.

  7. Solehudin says:

    apakah kartu Telkomsel 4G LTE bisa dijadikan kartu pribadi, misalnya bisa buat sms sama telepon terus misalnya kuota udah habis masih bisa isi ulang kuota tanpa harus ganti kartu lagi ?, tolong penjelasannya gan ?

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Jelas bisa. Kartu sim LTE yang membedakan hanyalah kapasitasnya. kartu 4G menggunakan tipe USIM atau universal sim yang memiliki kapasitas lebih besar dari sim biasa. Tujuannya adalah untuk menyimpan profile baik itu untuk jaringan 2G, 3G dan 4G di dalam satu kartu. Sehingga kartu tetap bisa dipakai dijaringan GSM sampai dengan LTE.

  8. rid1 says:

    nice explanation, soon come VoLTE more practical.
    thx

  9. Raymon says:

    HP Nokia CDMA dan HP Esia yang Unlock bisa dipakai untuk kartu smartfren 4G.
    Perlu diingat bahwa Esia itu frekuensi 850 Mhz Band A sehingga HP Esia bisa dipakai kartu smartfren CDMA maupun 4G Smartfren.
    Per tanggal 14 Desember 2016 batas waktu terakhir Smartfren untuk pindah Frekuensi 850 Mhz Band B pindah ke Band A.

    Saya sudah mencoba sendiri HP Nokia CDMA dan HP CDMA Unlock semua operator bisa dipakai oleh Kartu EVDO dan 4G Smartfren.

    Hanya HP Bundling Smartfren seperti Xstream Hotspot dan Andromax EVDO yang tidak bisa dipakai pada kartu 4G Smartfren.

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Esia frekuensinya udah dimerger sama smartfren. Batas pindah 850 memang desember 2016 tetapi smartfren belum sepenuhnya pindah. Yang sudah full pindah semua adalah frekuensi 1900 sedangkan 850 beberapa masih ada yang aktif. Yang dimigrasi hanya daerah jabodetabek karena mau dipake telkomsel dan indosat buat E-GSM di frekuensi 900. HP Nokia memang masih bisa karena frekuensi 850 masih ada yg CDMA tetapi tidak bisa jalan di jaringan 4G. Kalau kartu memang bisa karena kartu yang 4G itu universal sim dengan kapasitas penyimpanan data lebih besar jadi menyimpan profile CDMA, EVDO dan LTE dalam 1 kartu dan kompatible baik untuk Simcard maupun Ruim Card

  10. mantep ni penjelasannya, ada artikel perbedaan frekwensi jaringan 4g tiap – tiap operator ga?

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Belum ada artikelnya. Kalau untuk sekarang 4G yang umum digunakan adalah FDD 1800mhz yang dipakai operator GSM serta TDD 2300mhz. Untuk TDD 2300 dipakai oleh pemain BWA yang mana licensenya per regional. Ada Bolt (medan, jabodetabek), Berca (Balikpapan), dll. Selain Pemain BWA ada dipakai juga oleh smartfren. Saat ini baru smartfren yang memiliki license seluler atau nasional untuk frekuensi 2300. Smartfren juga menggunakan FDD 850 yang dulunya mereka gunakan untuk CDMA dan EVDO.

  11. Nur says:

    Apakah andromax C ga bisa dipasang kartu sMartfren 4G?,mohon jawabanya

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Kalau anda memahami tulisan saya seharusnya sudah tahu jawabannya. Andromax C hanya support modul CDMA EVDO tidak ada modul 4g.
      4g hanya bisa berjalan pada smartphone yang memiliku modul 4G LTE dengan frekuensi yang sama dengan operatornya

  12. arafiah says:

    apakah hp andrpmax sya yang kartunya4G smatfreen bisa di ganti dengan kartu yang lain yang 4G juga. tlg dong solusinya.

  13. Bayu says:

    Apakah sim card telkomsel 4g lte bisa diaplikasikan di andromax L? Apa bisa utk call, vidcall & sms ? Trmksh

  14. Ruri says:

    Mohon penjelasanya
    Kartu saya 4g Lte telkomsel,di pasang di andromax a yg sama sama 4G Lte ko ga bisa.mb hon pencerahanya

  15. Umi says:

    Hp saya kasus zenfone 3 max, pakai smartfren. Waktu itu kata mbak smarfrennya bisa buat nelpon tp kok saya buat nelpon gak bisa ya. Ada yg bisa bantu jawab?

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Begini jika anda baca post saya seharusnya sudah terjawab kenapa tidak bisa. Zenfone 3 Max support LTE Smartfren tetapi LTE tidak bisa digunakan untuk telp biasa. Jika mau telp maka anda harus menggunakan aplikasi smartfren VoLTE karena telp dengan LTE di smartfren hanya bisa menggunakan VoLTE. Jaringan LTE sendiri memang tidak bisa digunakan untuk telp secara native

  16. didik mulyono says:

    apakah samsung ż2 bsa menggunakan GSM selain smartfren?tlg jwby

  17. ashar fais says:

    Apakah kartu perdana gsm smartfren 4g terbaru bisa dipasang diandromaxA dislot 1 cdma gan n mohon pencerahannya

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Seharusnya bisa ya karena kartu 4G smartfren itu di dalamnya terdapat setting untuk CDMA juga dan nomer smartfren bisa jalan di 4G maupun CDMA. Selama tercover jaringan berarti bisa digunakan

  18. ferdi says:

    Admin Gua Mau Tanya NI Kalw Gua mau Ambil Paket 4g Masih Setingan 4g(CDMA ) Apakah Bisa

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Maksudnya settingan 4G (CDMA) itu gimana ya? yang perlu dipastikan untuk menjalan 4G handset yang digunakan sudah support 4G. Masalah paketan jika disebutkan oleh operator quota hanya jalan di 4G maka memang harus jalan di 4G supaya quota 4G-nya bisa dipakai

  19. Yudha says:

    Semua pertanyaan sy sudah admin jawab detail di post diatas. Thx min maju terus kedepan

  20. Yudha says:

    Sy pengguna asus zenfone 3 max dan asus zenfone 5

  21. Fery says:

    Maaf om… Mau tanya
    Saya pake mi max bisa telp dan 4g smartfren, tapi kalo mau telp & sms harus jaringan internetnya hrs pake selain smart baru bisa telp.. Padahal mimax sdh support volte.. Saya pgn pake data telp n sms bisa pake smartfren… Mohon infonya

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Smartfren di HP 4G dan non CDMA hanya bisa menggunakan VoLTE untuk telp dan SMS. Jika mau VoLTE native firmwarenya juga harus support dengan settingan smartfren karena VoLTE belum ada standard bakunya. Alfternativenya adalah menggunakan aplikasi VoLTE dari smartfren yang bisa di download di playstore

  22. Trii says:

    Hp saya andromax A,,dia kan pake kartu smartfren 4G di kota saya bisa pake dan lancar,,saya kan beli hp baru himax yang udah support 4Glte juga,,saya pindahin kartu smartfrennya ke hp baru tapi kok gak ada sinyal. Saya kira kartu smartfrennya bisa di pake di hp saya yg baru dan dengan kota yg sama..kira2 ini penyebabnya apa ya??

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Kemungkinan HP barunya tidak support frekuensi 4G Smartfren 800 dan 2300.
      Kemungknan kedua hanya support salah satu saja. Misal support yang 800 tetapi sinyal smartfren di daerah anda pakai frekuensi 2300 jadinya nggak dapat sinyal

  23. Chris says:

    Nah, sekarang, kalau USIM 4G LTE lain digunakan / dipasang ke smartphone Andromax A (A16C3H) apakah bisa? Setidaknya untuk internet di jaringan 4G LTE?

    • Chris says:

      * Nah, sekarang, kalau USIM 4G LTE lain (USIM 4G LTE apa saja selain Smartfren) digunakan / dipasang ke smartphone Andromax A (A16C3H) apakah bisa? Setidaknya untuk internet di jaringan 4G LTE?

      • Benidiktus Bina Kurniawan says:

        Secara teori selama frekuensinya sama maka bisa digunakan. Masalahnya andromax itu frekuensinya dilock hanya untuk smarfren jadi tidak bisa dipake untuk operator lain

  24. Eric ardian says:

    Info sangat membantu, saya puas dengan artikel, dan jawaban admin lengkap jelas detil

    Thanks mas admin
    Sangat baik membagi informasi kepada kami yang sangat minim pengetahuan jaringan

  25. alfi says:

    hp saya coolpad roar 3 .. nah saya mau nanya di tempat naruh sim itu ada tulisan di sim 1 ada w/a dan sim 2 ada GSM.. prtanyaannya apakah w/a itu sama seperti cdma atau beda .. mohon pencerahannya

  26. alfi says:

    saya mau nanya nih .. di tempat naruh sim card 1 ada tulisan w/a dan di simcard 2 ada tulisan GSM .. prtanyaannya apakah w/a itu sama seperti cdma atau beda ?
    mohon pencerahannya

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Coba baca di manual booknya untuk keterangan w/a tersebut artinya apa. Bisa jadi yang dimaksud WCDMA alias 3G

  27. Anto says:

    gan mau tanya, kartu smartfren cdma evdo bisa di pake di hp gsm (samsung galaxy J1 ace) ?

    • Benidiktus Bina Kurniawan says:

      Tolong dipahami bahwa smartfren bekerja pada CDMA dan LTE. Jika samsung galaxy J1 yang digunakan tidak support jaringan CDMA dan LTE maka tidak akan bisa digunakan. Jika support LTE pun harus dilihat di frekuensi berapa LTE tersebut berjalan. Jika LTE-nya ada di frekuensi yang disupport smartfren yaitu 800 dan 2300 maka bisa digunakan di HP tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *