Cara Akses Share Folder Via Internet Tanpa IP Public

Kali ini saya akan share cara sederhana untuk membuka akses share folder di jaringan lokal agar bisa diakses dari luar jaringan lokal atau internet. Ide ini muncul dari pengalaman saya sendiri di kantor.

Cerita saya membuat 1 PC di kantor untuk dijadikan share folder. Memang bukan di server karena harus sewa lagi alias keluar cost tambahan untuk tambah kapasitas share folder di server yang dimaintain vendor. Tentunya jika saya menyewa share folder di sana, saya tidak perlu susah-susah membuat koneksi sendiri karena sudah include dengan FTP.

Problemnya dimana sih? PC yang saya jadikan share folder tersebut bukan lah server alias PC Client biasa yang terhubung ke jaringan lokal. Setup sharing folder dengan fitur bawaan windows 7 cukup mudah karena sudah terhubung ke domain sehingga lebih mudah mengatur aksesnya. Masalah muncul ketika ada kebutuhan untuk konsultan akses file di dalam share folder di luar kantor.

Mengapa ini menjadi masalah karena PC berada di belakang router atau server sehingga tentu saja tidak bisa menerima request dari luar. Untuk bisa diakses dari luar cara yang paling gampang adalah memiliki IP Public. Tinggal akses ke IP tersebut masukin password beres tetapi untuk kondisi ini jelas tidak memungkinkan. Jika PC ada IP Public tinggal dibuatkan saja FTP server lalu port forward portnya ke IP public maka file bisa diakses dari luar dengan memasukkan IP Public tersebut.

Pertanyaan bagaimana agar PC bisa berkomunikasi dengan PC dari luar? kita harus menggunakan perantara untuk bisa berkomunikasi. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah menggunakan VPN. Prinsipnya kedua PC yang akan terhubung sama-sama konek ke VPN server lalu nantinya VPN server ini yang akan menjadi penghubung keduanya. Cara ini tidak membutuhkan konfigurasi dari sisi router, proxy maupun server internet kecuali akses ke port VPN diblock. PC akan berkomunikasi layaknya dia membuka website biasa.

Penggunaan VPN dengan full route dimana akses ke semua IP akan di route ke traffic internet tentu menimbulkan masalah baru terutama untuk PC yang terkoneksi ke Domain atau active directory. Akses ke email, sharepoint website, dsb yang menggunakan domain dan diarahkan ke IP server lokal tentu akan menjadi error ketika trafficnya dirubah ke VPN.

Sebagai contoh domain email.company.com oleh DNS kantor diset ke IP lokal 10.30.1.15 ketika terkoneksi dengan VPN maka kita tidak bisa lagi konek ke IP 10.30.1.15 kecuali routenya dirubah. Merubah route satu-satu secara manual tentunya merepotkan apalagi jika kita tidak tahu setting DNSnya seperti apa.

Jadi solusinya adalah menggunakan VPN yang spesific untuk share folder saja. PC terkoneksi ke VPN tetapi tidak semua di routing ke server VPN hanya akses sharing foldernya saja. Sebenarnya ini bisa dilakukan karena vendor sudah menyediakan akses VPN namun tentu kembali lagi biaya menjadi faktor yang harus saya perhitungkan di sini. Fungsi ini saya gantikan dengan menginstall aplikasi remote PC Team Viewer. TeamViewer menawarkan akses remote control, remote file dan VPN. Nah saya hanya akan menggunakan akses VPN-nya saja.

Oleh karena itu saya akan merestrict akses Remote control, remote file, dll hanya mengaktifkan koneksi VPN-nya saja. Tujuannya karena saya tidak mau konsultan bisa meremote PC sharing foldernya maupun akses remote file sharing karena dengan membuka akses itu maka semua file yang ada di komputer dapat dia akses tentunya ini tidak diperbolehkan.

Akses VPN di teamviewer hanya akan memberikan akses ke sharing folder yang sudah disetup di jaringan local sehingga konsultan hanya bisa akses ke share folder yang sudah saya set permissionya untuk ID konsultan. Folder lain yang dishare tidak bisa mereka akses karena aksesnya saya batasi.

Di sini saya bisa menghemat biaya sewa server ke vendor, biaya sewa akses IP Public agar bisa diakses dari luar, dan biaya akses VPN jaringan kantor.

You may also like...

4 Responses

  1. jaka says:

    Bisakah kami di emailkan contoh caranya, karena kami newbe

  2. Benidiktus Bina Kurniawan says:

    Akan menggunakan Team Viewer atau konek dengan VPN server sendiri ya?

  3. suwarno says:

    Dengan vpn sendiri

  4. aziez says:

    Bisa di jelaskan langkah2 caranya,,?? terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *