Bahaya menggunakan aplikasi Mod pada android

Beberapa hari yang lalu akun BBM seorang teman dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Alamat email aslinya pun sudah diganti sehingga temen saya tersebut tidak bisa lagi mengakses akun BBM-nya.

Sedikit perbincangan saya menduga bahwa teman saya ini menjadi modus phising atau dia menggunakan aplikasi BBM Mod. Apa sih aplikasi Mod itu? tentunya banyak diantara kita yang menggunakan aplikasi Mod yang fungsinya merubah tampilan agar lebih bagus dari standardnya. Termasuk dalam hal ini adalah BBM Mod.

Mengapa aplikasi BBM Mod ini dapat mengambil alih id BBM kita?

Jawabnya cukup mudah karena aplikasi tersebut sudah dimodifikasi agar si pembuat aplikasi mendapatkan ID dan passwordnya. Si pembuat mod bisa saja menyusupkan script jahat agar pada saat kita login user ID dan password dibelokkan dulu ke server si pembuatan mod. Hasilnya user id dan password sudah didapatkan.

Untuk anda yang concern masalah security dibandingkan tampilan, saran saya jangan menggunakan aplikasi mod kecuali kita tahu betul bahwa aplikasi tersebut tidak disusupi kode jahat untuk phising. Selalu download aplikasi dari play store resmi karena di situlah aplikasi yang benar2 asli dari pengembang disediakan.

Google membuat playstore dan menutup akses installasi diluar playstore secara default adalah untuk mencegah hal-hal semacam ini. Aplikasi yang ada di playstore tentunya sudah melalui pengujian dan validasi untuk memberikan rasa aman bahwa aplikasi yang diinstall tidak mengandung kode jahat yang dapat merugikan privacy.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitnami