Mengoptimalkan Website dengan CDN dan proteksi DDOS secara gratis

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk mengoptimalkan web server. Cara yang saya bahas di sini bisa dilakukan secara gratis. Buat yang memiliki VPS unmanage tentu membutuhkan resource dan biaya yang kadang harus dikeluarkan untuk mengoptimalkan server yang kita miliki. Masalah security adalah hal yang sangat penting untuk bisa diminimalisir. Serangan langsung terhadap VPS unmanage anda tentu membuat anda kerepotan apalagi jika anda tidak memiliki waktu untuk memonitor server anda setiap saat.

Berikut akan saya berikan sedikit tip untuk memproteksi sekaligus mempercepat loading website. Kita akan menggunakan 2 service gratis yaitu cloud flare dan bit ninja. Kedua layanan ini dapat kita gunakan secara gratis dengan feature yang menurut saya sudah cukup untuk web server personal.

Cloudflare adalah salah satu layanan Proxy yang menyediakan banyak fitur. Salah satu fiturnya adalah CDN, Content Distribution Network. Salah satu teknik untuk mendistribusikan content ke banyak server di seluruh dunia. Cloud Flare memiliki banyak server di hampir semua benua. Dengan adanya CDN ini visitor tidak langsung mengakses ke server kita melainkan melalui proxy terdekat. Misal web server kita di US namun visitor berada di Indonesia, maka secara otomatis traffic akan dilayani oleh proxy Cloud Flare yang ada di Singapore. Cloud Flare akan melakukan caching content static di servernya dan cache inilah yang akan di load pada saat visitor akses. Jarak koneksi yang dekat dan scalability proxy cloud flare yang besar memberikan akses load yang cepat kepada visitor. Server anda juga tidak terbebani karena sebagian content diprovide oleh cloud flare.

Selain CDN ada banyak fitur lain termasuk keamanan. Untuk menggunakan Cloud Flare domain anda harus teregister dengan name server cloud flare. Nantinya visitor tidak akan langsung melihat IP server anda namun ke IP server Cloud Flare. Hal ini akan menyembunyikan IP Server anda untuk dapat diserang secara langsung. Setiap serangan akan mengarah ke server cloud flare dan dengan mekanisme security serangan tersebut akan ditangani oleh cloud flare secara otomatis.

Penggunaan cloud flare sangat mudah, anda hanya perlu register ke cloud flare dan memasukkan domain website anda. Nanti akan diberikan alamat name server cloud flare yang harus anda setting pada registrant domain. Setelah itu cloud flare akan menarikan semua setting domain seperti A Record, CName, TXT, dsb. Anda bisa tambahkan manual bila tidak terload secara otomatis. Setelah propagasi selesai anda hanya tinggal mengaktifkan proxy cloud flare dengan click gambar awan.

Setelah selesai cloud flare akan melakukan cache static content dari website anda dan disebarkan ke seluruh jaringan server cloud flare. Tidak ada setting yang rumit, anda bahkan bisa mengaktifkan SSL dengan cloud flare tanpa harus memiliki SSL Certificate. Hal ini tentunya akan menambahkan keamanan visitor website anda dari phising dan memberikan enkripsi content yang lebih baik. Anda akan merasakan load website anda semakin cepat dengan menggunakan cloud flare. Jika anda tertarik dengan fitur2 lainnya anda bisa memilih sesuai paket yang sudah disediakan oleh cloud flare.

Sekarang beralih ke Bit Ninja. Apa sih Bit Ninja itu? Bit Ninja adalah provider security yang menawarkan proteksi terhadap serangan DDOS ke server anda. Bit Ninja memberikan 7 hari trial yang apabila tidak diperpanjang maka otomatis akan menggunakan layanan Free. Installasi Bit Ninja cukup mudah. Kita hanya perlu menginstall aplikasi dari bit ninja ke server kita. Bit Ninja support untuk banyak platform. Cara kerja Bit Ninja adalah mengumpulkan IP address dari attacker. IP address attacker ini di dapat dari setiap server yang menggunakan layanan bit ninja. Dengan daftar IP tersebut Bit Ninja akan mengaktifkan firewall di server kita agar menolak akses IP server tersebut. Jadi semakin banyak pengguna bit ninja maka daftar IP Attacker akan semakin banyak.

Apakah ini perlu? bukankan dengan cloud flare sudah cukup menghalau DDOS. Benar Cloud Flare dapat menghalau DDOS karena server mereka dilengkapi ddos dan traffic kita diarahkan ke cloud flare, tidak direct ke server kita. Jika serangan dari domain mungkin bisa dihalau namun jika IP server kita sudah ditargetkan maka cloud flare tidak bisa menghalau serangan ke server kita karena serangannnya langsung. Untuk itu Bit Ninja yang akan bekerja meminimalkan serangan itu. Yah layanan gratis kenapa tidak dimanfaatkan.

Fitur basic atau free package dari bit ninja memang tidak banyak dan dibatasi jumlah IP list-nya. Namun cukup sebagai benteng pertahanan disbanding tidak ada sama sekali.

Semoga tulisan saya ini bermanfaat ya

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *