Amazon Workmail: Serasa memiliki email server sendiri

Punya domain sendiri dan email dengan domain sendiri saat ini bukan hal yang mahal lagi. Tidak hanya perusahaan besar saja yang bisa punya domain sendiri. Perseorangan pun bisa juga membeli domain dengan nama pribadi dan email dengan domain pribadi.

Ketika kita membeli domain dan hosting tentunya akan diberikan fasilistas mailbox dari hosting. Namun kapasitasnya tentu saja tidak sebesar layanan email gratisan seperti gmail dan microsoft outlook. Dulu google dan microsoft sempat memberikan gratis email hosted. Kita tinggal register dan mengarahkan setting MX Domain ke server mereka. Namun seiring bertambahnya pengguna dan menjamurnya cloud google dan microsoft tidak lagi menyediakan layanan tersebut secara gratis.

Saat ini Gmail for Work dan Microsoft Office 365 adalah 2 pemain yang menyediakan email hosted dengan fitur kelas enterprise. Kapasitas mailbox yang besar hingga 30GB, limit attachment hingga 100an Mb, sinkronisasi ke berbagai platform dan jaminan uptime yang tinggi. Terkait harga kedua layanan tersebut cukup bersaing dikisaran 6-8 dollar per bulan. Mungkin terlihat cukup mahal untuk sebagian orang.

Amazon mencoba masuk pasar dengan menawarkan layanan email hosted premium. Harga yang ditawarkan amazon sangat bersaing yaitu 4 dollar per bulan. Secare feature amazon work mail bersaing dengan google dan microsoft. Amazon memberikan semua feature yang dibutuhkan untuk kelas perusahaan kecil hingga besar. Kapasitas mailbox yang lebih besar, uptime yang bersaing dan sinkronisasi ke berbagai platform. Hanya saja layanan ini tidak ada feature lain seperti cloud storage maupun office online. Kita harus membayar lagi untuk office online. Tidak seperti google dan microsoft yang memberikan bundle dengan aplikasi office onlinenya.

Ada satu hal yang menarik dari amazon workmail yang tidak dimiliki oleh google dan microsoft. Kunci enkripsi hanya digenerate untuk 1 organisasi. Jadi setiap organisasi atau individu yang menggunakan layanan amazon workmail memiliki kunci enkripsi sendiri-sendiri. Kunci enkripsi ini tidak dikuasai amazon melainkan admin email yang menguasainya. Dengan kata lain semua data yang ada diemail tidak bisa diakses oleh amazon karena mereka tidak memiliki kuncinya.

Satu hal yang cukup menarik, google dan microsoft tidak memberikan kunci enkripsi kepada user admin. Walaupun mereka memiliki agreement dengan user untuk tidak membocorkan data namun ketika ada pihak yang dapat memaksa dan dibolehkan secara hukum mereka dapat memberikan aksesnya. Berbeda dengan amazon, walaupun diminta tetap amazon tidak bisa memberikan datanya karena mereka tidak memegagang kuncinya.

Jika anda menginginkan email dengan domain sendiri yang memiliki hosted server reliable dan keamanan yang tinggi maka amazon workmail sangat cocok untuk anda maupun perusahaan anda. Hanya saja saat tulisan ini saya buat untuk region asia belum ada layanan ini. Baru di US dan europe saja ada layanan ini. Anda akan merasak latency yang cukup besar jika dibandingkan dengan google dan microsoft yang layananya sudah ada di server singapore.