Melindungi data sensitive di cloud storage

Penggunaan cloud storage adalah hal yang tidak bisa lagi dihindari. Cloud storage menawarkan kemudahan untuk mengakses file dari mana saja selama terhubung ke internet. Cloud storage menjamin pula keamanan data dari kerusakan dan hilangnya data.

Provider menjamin privacy data yang disimpan namun bagaimana pun data tidak ada dalam pengawasan kita. Meskipun mereka menawarkan enkripsi namun akses fisik ke mesin dapat menyebabkan data yang disimpan bisa jadi dapat diakses.

File yang kita akses akan melewati banyak sekali router dan sangat mungkin dibajak dulu sebelum sampai ke device kita. Protocol SSL sampai saat ini merupakan enkripsi network yang cukup powerful. File yang dilewatkan pada jaringan SSL tidak akan mudah dibajak karena diilindungi enkripsi. Namun potensi kebocoran bisa saja terjadi. Terdengar mengerikan namun bukan berarti tidak dapat dicegah.

Teknik yang biasa digunakan adalah dengan melakukan enkripsi pada file yang kita simpan di cloud. Sebelum file tersebut dikirim ke server file tersebut sudah kita enkripsi terlebih dahulu dan hanya kita yang menyimpan kuncinya. Teknik ini bisa dibilang paling aman saat ini. Dari jalur kita mengirim file ketika dibajak maka yang didapatkan hanyalah file dengan keadaan terenkripsi. Begitupun ketika file berada pada server. Apabila file diakses secara langsung dari hardisk server sekalipun, file tetap dalam keadaan terenkripsi dan hanya kita yang bisa mengakses.

Kita analogikan menyimpan barang dalam Safe deposit box namun barang tersebut kita masukan dalam peti yang dikunci rapat dan hanya kita yang memengang kunci. Walaupun safe deposit dibobol pencuri namun pencuri tetap harus bekerja keras untuk membuka kuncinya.

Lalu bagaimana kita akan mengakses file tersebut? tentu saja kita harus memiliki kuncinya. Salah satu tool gratisan yang dapat melakukan encrypt, decrypt dengan mudah adalah boxcryptor. Kita cukup menginstall boxcryptor lalu memilih lokasi file yang akan dilakukan encryption. File akan dengan otomatis terdecrypt jika diakses pada volume boxcryptor. Boxcryptor support dengan banyak platform selain di window dan dapat diintegrasikan juga dengan web browser

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *