Cloud, VDI dan BYOD part 1

Kali ini saya akan membahas pengembangan dari teknologi cloud untuk Virtual Desktop Infrastructure dan hubungannya dengan BYOD (Bring Your Own Desktop).

Flashback sebentar apa itu cloud? banyak definisi dan pemahaman mengenai cloud. Secara garis besarnya cloud adalah sebuah teknologi virtual machine yang bekerja dengan beberapa server dan network. Tujuannya untuk memanfaatkan resource dan availability yang optimal.

Lalu apa itu VDI? Virtual Desktop Infrastructure adalah semacam Komputer desktop yang bentuknya virtual. Singkatnya adalah menjalankan OS yang ada di server dari client (laptop, dekstop) menggunakan bandwith network. Sebenarnya teknologi VDI ini sudah cukup lama. Awalnya menggunakan konsep terminal server, lalu thin client. Kemudian muncul juga konsep Zero Client. VDI agak berbeda dengan Zero Client jika digunakan sebagai BYOD. Mengenai zero client akan saya bahas pada artikel tersendiri.

Apa sih fungsinya? dan apa hubungannya dengan BYOD?

VDI digunakan untuk memudahkan management device oleh IT Departemen. Dengan membuat virtual machine image di dalam server lalu dijalankan user lewat device yang digunakannya. Hal ini untuk melindungi data perusahaan dan ancaman dari virus, malware dan celah keamanan karena virtual machine yang dibuat sudah disetting dan diconfigurasi sesuai IT policy perusahaan. Dengan VDI data tersimpan terpusat di dalam server. Ketika laptop atau desktop yang digunakan user rusak, hilang maka datanya tetap aman tersimpan di dalam server. Kemudian apabila laptop terkena virus, malware atau ada celah keamanan lain maka OS yang digunakan untuk terhubung dengan perusahaan tidak terkena dampaknya. Ini mencegah pencurian data karena OS yang digunakan sudah kebobolan.

Singkatnya VDI menjalankan OS di atas OS yang digunakan client. Tidak hanya data perusahaan namun environment OS-nya juga terpisah. Maka konsep inilah yang banyak digunakan untuk penerapan BYOD. Menerapkan BYOD berarti perusahaan memperbolehkan user menggunakan perangkat apapun untuk bekerja. Tantanganya jelas, memastikan bahwa device yang digunakan harus aman. Dengan beragamnya device yang ada, OS yang ada, tentunya akan sulit untuk manage semua device tersebut. Update security, enkripsi, compatibility, dsb. VDI mencoba memberikan dengan membuat single OS environment yang bisa dijalankan pada device apapun.

Baik itu laptop windows, MAC, Linux, dll. Perusahaan sudah punya standard OS yang akan di deploy dan dijalan di device tersebut. Dengan demikian VDI Menciptakan satu environtment yang aman berjalan di beragam device. Tugas personel IT juga menjadi lebih mudah. Setup OS, install aplikasi, update patch cukup sekali dilakukan dan bisa langsung terdistribusikan ke semua user.

VDI seperti membuat sebuah ruangan tersendiri di dalam laptop yang tidak menganggu data pribadi pada device yang digunakan user. Konsep BYOD harus mampu memisahkan data perusahaan dan data pribadi. Perusahaan tidak boleh menganggu data yang ada di personal PC atau laptop. Proses revoke akses, wipe data perusahaan tidak boleh sampai menghapus data personal. Dengan menggunakan VDI perusahaan cukup melalukan revoke akses dan wipe data di ranah VDI Image saja tanpa menganggu semua konfigurasi OS dan data pribadi user.

Cloud menjadi sebuah pelengkap dimana cloud menyediakan infrastructure untuk menyimpan file VDI. Dengan menyimpan file di Cloud maka akses ke VDI bisa dilakukan dimana saja. Perusahaan tidak perlu menyediakan bandwith yang besar untuk server VDI namun cukup di distribusikan ke bandwith cloud servernya.

Konsep VDI memang bagus untuk BYOD namun bukannya tanpa kelemahan. VDI server side membutuhkan koneksi dengan bandwith yang tinggi dan terus menerus. Semua data, render image, dsb dilakukan di server lalu dikirim ke client via jaringan internet. Jika koneksi tidak bagus maka impact pada user experience yang cukup terganggu.

Bagaimana cara mengatasi ketergantungan bandwith namun tetap mendapat benefit dari pada VDI? salah satu caranya adalah menggunakan VDI Client side. Cara kerjanya akan saya bahas pada posting selanjutnya.