Asus Zenfone Max Pro M1 vs Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Akhir bulan april ini kita dikejutkan dengan 2 brand besar smartphone yang merilis smartphone murahnya. Apalagi kalau bukan Asus Zenfone Max Pro M1 dan Xiamo Redmi Note 5 Pro. Artikel review kedua smartphone ini sudah banyak bertebaran. Saya akan membahas dari sudut pandang subjektif saya.

Dulu saya pikir Xiaomi tidak akan masuk ke pasar indonesia setelah TKDN diberlakukan. Saya berpikir harga smartphone xiaomi tidak bisa murah ketika sudah dirakit di indonesia dan ternyata prediksi saya salah. Xiaomi dibantu erajaya berhasil memenuhi TKDN dan memasarkan ponsel mereka secara resmi di indonesia. Saya cukup terkejut ketika Xiaomi berani menjual Redmi 5A dengan harga hanya 999rb saja.

Saya pikir Xiaomi tidak akan memasukkan lagi smartphone lainnya dengan harga yang murah. Prediksi saya lagi-lagi salah ya maaf saya bukan tukang ramal hehehe. Cukup heran dengan xiaomi yang bisa membanderol harga smartphonenya tetap murah dengan perakitan yang sudah dilakukan di indonesia.  Mungkin saya pabrik perakitan di indonesia sudah berhasil melakukan efisiensi cost sehingga harga smartphone sudah mendekati sama dengan harga smartphone yang diimport langsung.

ASUS bukan lagi pemain lama di pasar smartphone indonesia. Kolaborasinya dengan intel sempat membuat ASUS dengan Zenfone 2 berjaya di tanah air. Kala itu Zenfone 2 menjadi Smartphone 4GB RAM dengan harga termurah. Penjualan ASUS mulai naik daun kala itu, walaupun distribusi masih kurang bagus karena banyaknya permintaan tidak mampu di supply. Masuk ke Zenfone 3 ASUS Resmi bercerai dengan Intel, ya karena intel sudah tidak produksi CPU Smartphone lagi. Intel menyerah tapi ASUS harus tetap rilis smartphone baru. ASUS kembali menggunakan qualcomm snapdragon di ponsel flagshipnya. Zenfone 3 sampai dengan Zenfone 4 kurang begitu booming ditengah banyaknya pemain baru yang menghadirkan design dan feature yang lebih kekinian.

Bulan april ASUS menantang Xiaomi secara terbuka dengan menghadirkan smartphone berspesifikasi  identik dengan harga yang sangat bersaing. Uniknya kedua bran ini sama-sama bekerjsama dengan pabrik perakitan yang sama yaitu PT Satnusa Persada. Kehadiran ASUS dengan smartphone ok di range 2-3jt-an cukup memberikan perlawanan kepada Xiaomi yang mulai merangkat naik.

Ok langsung saja kita bandingkan keunggulan masing-masing produknya. Mengenai spesifikasi sudah banyak referensinya

ASUS Zenfone Max Pro M1

  • Triple Slot : Bagi saya yang membutuhkan dual simcard dan micro sd hadirnya triple slot ini menjadi nilai plus tersendiri yang tidak dimiliki oleh xiaomi dan kebanyakan smartphone.
  • Battery Life : Keunggulan kapasitas battery yang lebih besar menjadi daya tarik bagi gamer dan traveler yang tentunya ingin menggunakan smartphone tanpa harus sering ngecharge
  • Quick Charge : Apalah gunanya battery kapasitas besar kalau ngechargenya lama, adanya dukungan quick charge ini seakan melengkapi keunggulan battry lifenya
  • Stock Android 8.0  : Penggunaan stock android tentunya akan mengurangi blotware dan meningkatkan user experience terutama untuk para pecinta stock android

Xiaomi Redmi Note 5 Pro

  • Dual Camera  : Kualitas Camera Redmi Note 5 Pro harus diakui lebih bagus dari pada ASUS Zenfone Max Pro M1. Bagi pecinta camera Redmi Note 5 Pro keunggulan Redmi Note 5 Pro bisa dibilang Mutlak
  • MIUI : User experience dan fitur-fitur MIUI tentunya tidak akan ditemui pada stock android.

Entah kenapa saya tidak menemukan kelebihan lainnya dari Redmi Note 5 Pro. Bagi saya pribadi Triple Slot adalah wajib dan tampilan stock android adalah feature yang langka. Saya lebih suka tampilan stock android yang tidak banyak neko-neko. Kamera bukan hal yang penting buat saya, bagi saya kualitas kamera zenfone max pro M1 sudah cukup untuk kebutuhan saya. Battery life sebenarnya bukan masalah penting karena saya banyak bekerja di tempat yang tersedia colokan listrik. Adanya kapasitas battery yang lebih besar ditambah quick charge menambah ketertarikan saya.

Kalau disuruh milih, saya lebih memilih ASUS Zenfone Max Pro M1 dibanding Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Lebih banyak feature yang akan saya dapatkan dibandingkan hanya keindangan hasil jepretan foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitnami