Configurasi laptop yang super aman

Pernahkah anda berpikir apa yang terjadi jika laptop anda hilang?

Laptop mungkin tidak bisa kembali tetapi bagaimana dengan datanya? bagaimana jika disalahgunakan orang?

data dalam laptop adalah informasi yang sangat personal dan berharga. Bisa saja dimanfaatkan untuk hal yang tidak baik. untuk itu ada perlu melindungi data dari laptop anda supaya tidak disalahgunakan. Selain akses fisik ke laptop, akses melalui jaringan juga dapat dilakukan untuk mencuri data yang ada pada laptop. Berikut saya akan berikan sedikit tips untuk mengamankan laptop anda

1. Tutup akses masuk ke BIOS dan Operating System

Hal ini sangat penting ketika windows tidak dipassword sudah dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika laptop hilang atau ditangan yang tidak benar. Lock windows anda dengan password agar orang tidak mudah masuk ke dalam windows dan membaca data-data anda. Selain password windows anda perlu mengaktifkan password pada BIOS hal ini untuk mencegah modifikasi setting BIOS termasuk mencegah flashing bios yang tujuannya dapat bypass password windows.

2. Tambahkan password di Operating System

Saat ini OS moderen sudah mengadopsi banyak pilihan untuk authentifikasi. Password adalah satu pilihan yang paling simple. Window 10 sudah menyertakan kemampuan untuk memasukan PIN Code. Selain itu bisa juga menggunakan authentifikasi dengan device misalnya dengan smartphone atau fingerprint reader.

3. Enkripsi

Menambahkan password mencegah seseorang masuk ke operating system namun tidak mencegah seseorang untuk mengakses data-data yang ada dalam laptop. Jika laptop anda hilang seseorang bisa mengambil hardisk dan membaca hardisk tersebut pada komputer lain. Salah satu cara mencegah pencurian data ini adalah dengan memanfaatkan fitur bitlocker atau full drive enkripsi lain yang ditawarkan oleh operating system. Dengan mengenkripsi file di dalam laptop maka walaupun seseorang bisa membaca hardisk tersebut di PC lain namun data kita tidak bisa diakses karena sudah terenkripsi.

4. Menggunakan Koneksi VPN

Setelah data di dalam laptop aman selanjutnya kita bisa menambahkan pelindungan pada koneksi internet menggunakan VPN. Teknologi VPN memungkinkan terkoneksi secara aman dengan jalur terenkripsi sehingga sulit jika ada yang melakukan hacking pada jaringan.

5. Backup Data

Enkripsi data dapat menjadi bencana ketika kita kehilangan kunci untuk mendeskripsi. Langkah antisipasinya adalah melakukan backup data ke cloud seperti Google Drive, One Driver, dst.

Dengan melakukan 5 langkah tersebut data pada laptop kita akan aman dari tindakan pencurian. Konsekuensi dari melakukan enkripsi adalah kinerja laptop yang akan mengalami sedikit penurunan.

Selamat mencoba

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bitnami